Jakarta (ANTARA News) - Mitsubishi Motors Corporation mengumumkan SUV Coupe mereka, all-new Eclipse Cross, meraih lima bintang dalam uji keselamatan dari ASEAN New Car Assesment Program (NCAP).

Hasil itu, kata keterangan pers Mitsubishi yang diterima di Jakarta, Kamis, merupakan kendaraan pertama dengan skor di atas 90 persen berdasarkan protokol pengujian keselamatan baru di ASEAN NCAP.

Klaim itu didukung pernyataan Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, Ir. Dr. Khairil Anwar Abu Kassim, yang mengatakan capaian di atas 90 persen menjadi wujud dedikasi MMC untuk memproduksi kendaraan yang semakin aman untuk regional ASEAN sesuai protokol keselamatan terbaru lembaga tersebut.

"Pasar SUV telah menjadi pasar yang penting karena memberikan kontribusi pangsa pasar 17 persen di regional ASEAN. Eclipse Cross merupakan kendaraan pertama yang mampu meraih skor di atas 90 persen untuk protokol pengujian baru yang digunakan ASEAN NCAP," kata Khairil.

Secara terperinci, Eclipse Cross meraih nilai proteksi sebesar 98 persen untuk penumpang dewasa dan 88 persen untuk penumpang anak-anak.

Skor sempurna dicatatkan untuk perlindungan benturan samping dan hampir sempurna untuk perlindungan benturan frontal untuk dewasa maupun anak-anak.

Kemudian dari segi sistem bantuan keselamatan Eclipse Cross juga meraih nilai tertinggi ASEA NCAP berbekal fitur standar dan tambahan yang tersedia untuk mencegah terjadinya benturan dan meningkatkan keselamatan pengemudi, penumpang maupun pejalan kaki.

Eclipse Cross rencananya akan diluncurkan untuk pasar ASEAN pada 11 Januari 2018 di ajang pameran otomotif Singapore Motorshow.

Meski demikian hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari distributor MMC di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengenai rencana mereka memasarkan Eclipse Cross di Indonesia, mengingat saat ini mereka tengah "kewalahan" melayani tingginya permintaan terhadap nomor jagoan, Xpander.


(Baca juga: Lebih dekat dengan Eclipse Cross di Tokyo Motor Show)

(Baca juga: Mencicipi performa Mitsubishi Eclipse Cross di Jepang)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018