Datsun CROSS hadir pekan depan usung CVT

Rabu, 10 Januari 2018 20:51 WIB
Datsun CROSS hadir pekan depan usung CVT
Tampilan teaser Datsun CROSS tampak moncong dari Datsun. (ANTARA News/HO/Nissan Motor Indonesia)

Jakarta (ANTARA News) - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akan menghadirkan model ketiga jenama Datsun di Indonesia lewat Datsun CROSS pada 18 Januari 2018.

Model terbaru Datsun untuk pasar Indonesia itu akan segera dilengkapi transmisi otomatis berteknologi Continuously Variable Transmission (CVT) yang menurut mereka akan menghadirkan pengalaman baru berkendara, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Penggunaan transmisi otomatis tersebut menjadi pertanda baik bagi bisnis Datsun di Indonesia, yang setidaknya menghindari kesalahan serupa kala masih mengandalkan Datsun GO dan Datsun GO+ yang tak kunjung disemati pilihan transmisi otomatis.

Hasilnya, penjualan Datsun yang ditopang GO+ sebagai satu-satunya mobil berkapasitas tujuh penumpang di segmen LCGC terjun bebas seketika grup Astra hadir dengan kembar identik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pada semester II-2016, yang langsung menawarkan pilihan transmisi otomatis.

"Datsun CROSS mengadopsi keunggulan teknologi canggih CVT Nissan," kata Presiden Direktur NMI dalam keterangan pers tersebut.

"Dibandingkan dengan transmisi matik konvensional, CVT menawarkan pengalaman berkendara yang lebih halus, nyaman dan efisien," ujarnya menambahkan, menuturkan keunggulan CVT Nissan.


Tampilan teaser tuas transmisi otomatis yang akan dipakai di Datsun CROSS berteknologi CVT. (ANTARA News/HO/Nissan Motor Indonesia)

CVT diklaim menghasilkan perpindahan gigi yang mulus dengan tingkat rasio persneling efektif.

Hal itu membedakan dengan transmisi otomatis konvensional yang menggunakan rasio gigi tetap.

CVT memungkinkan mesin bekerja pada rentang kecepatan kendaraan yang paling efisien, sehingga menghasilkan proses berkendara yang halus, mudah dan efisien.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2018

Kia Motors Corp akan menarik (recall) lebih dari 507.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) atas masalah sistem kelistrikan yang menyebabkan kantung udara ...
Toyota Motor Corp pada Kamis (24/5) mengumumkan rencana untuk mendirikan fasilitas perakitan komponen kendaraan berbahan bakar hidrogen guna meningkatkan ...
Para penjual mobil bekas diyakini akan merasakan keuntungan dari trend meningkatnya minat masyarakat terhadap mobil-mobil segmen sport utility vehicle (SUV) ...
Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menyediakan lebih dari 62.000 unit kendaraan swakemudi kepada perusahaan teknologi Alphabet Inc. Puluhan ribu mobil ...
Perusahaan teknologi mobilitas swakemudi, Alphabet Waymo, berencana membawa layanan Robo Taxi ke Eropa setelah layanan itu diluncurkan di Amerika Serikat pada ...