Jakarta (ANTARA News) - Berbelanja online kini tidak melulu identik melalui komputer atau laptop, seiring bertumbuhnya penggunaan ponsel, konsumen semakin familiar berbelanja di perangkat mobile, yang menyajikan banyak aplikasi populer.

Saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) beberapa pekan lalu, Nielsen mencatat hampir 48 persen konsumen berbelanja lewat aplikasi telepon selular kelas cerdas (smartphone).

iPrice Group memakai data dari App Annie menemukan lima besar aplikasi dagang secara elektronik (e-commerce atau dagang-el) terpopuler pada kuartal keempat 2017. Shopee unggul di platform iOS Apple maupun Android Google.

iPrice menduga branding yang kuat toko online berasal dari konsumen untuk konsumen, selain rajin mengadakan program spesial.

Tokopedia dan Lazada masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga untuk iOS dan Android, persaingan mereka cukup ketat, mengingat di kuartal sebelumnya Lazada mengungguli Tokopedia di Google Play Store.

Bukalapak menduduki posisi keempat di aplikasi e-commerce populer untuk Google Play, mengungguli Blibli.com di paltform tersebut.

Temuan di App Store menunjukkan peringkat yang berbeda, JD.ID masuk ke peringkat empat sementara Bukalapak di urutan buncit.

Peringkat aplikasi belanja terpopuler 2017. (HO iPrice Group)

Simak data visual iPrice di sini

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017