Jakarta (ANTARA News) - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) akan kembali digelar pada 19-29 April 2018 di Jiexpo Kemayoran dengan konsep baru yaitu mengaplikasikan sinkronisasi digital guna memajukan industri pameran di Indonesia.

"Dyandra Promosindo, yang sudah melewati 20 tahun melaksanakan  motor show, dituntut untuk menjawab panggilan zaman. Kami juga ingin berkontribusi secara reguler untuk kemajuan industri pameran di Indonesia," kata Project Director IIMS, Hendra Noor Saleh, dalam keterangan tertulisnya, Rabu malam (20/12).
 
Terobosan itu tercermin penerapan logo Infinite yang akan tetap digunakan hingga beberapa tahun ke depan. Makna logo Infinite tak terputus itu adalah berpadunya seluruh elemen-elemen otomotif, yang membentuk mozaik harmonis, dan akan bersinergi dalam satu ekosistem baru, karena beriringan dengan elemen e-commerce, komunitas dan digital “zaman now”.

"Dulu-dulu, tiap tahun pasti ganti logo. Mulai saat ini, logo Infinite (tak terbatas), akan dipakai IIMS untuk tahun selanjutnya,” sambung Hendra.
 
Dengan tagline "Your Infinite Automotive Experience", IIMS 2018 menawarkan kepada pengunjung dan stakeholders, sebuah pengalaman digital dan aktivitas yang menjadikan mereka sebagai objek, bukan subjek komersil semata.

Konsep baru juga bisa terlihat dari website www.indonesianmotorshow.com yang tak hanya memudahkan pelanggan lokal, namun juga mancanegara. Calon pengunjung atau penikmat otomotif, bisa mendapatkan banyak manfaat dari portal IIMS terbaru yang melayani pesanan tiket early bird, space pameran, souvenir dan bahkan transaksi e-commerce.

Sejak tahun lalu, IIMS bekerjasama dengan Blibli.com menggebrak penjualan space dengan cicilan hingga 24 bulan dan bunga 0 persen. Fasilitas itu sangat membantu industri dan pedagang aksesoris dan sukucadang kelas menengah dan kecil.

Untuk IIMS 2018, “Kami membuat terobosan baru dengan bekerjasama dengan e-commerce mobil bekas (mobkas) yang ingin trade-in dengan mobil baru yang ada di IIMS," lanjut Hendra.
 
Calon pengunjung tak perlu lagi antre di Jiexpo, melainkan bisa membeli tiket melalui website IIMS, partner e-commerce dan jaringan gerai minimarket. Tiketnya tidak berwujud kertas, melainkan berupa e-voucher yang nantinya akan ditukar dengan wristband yang didukung system Near Field Communications (NFC) sehingga Dyandra mengetahui pergerakan konsumen guna mengetahui program acara yang disukai.

IIMS melanjutkan kerjasama dengan komunitas yaitu PAHAMI Village, IOF, Indonesia Auto Modified, klub Ikatan Motor Indonesia (IMI), Mobil-motor klasik dan custom, komunitas Sunmori (Sunday Morning Ride), IIMS for Children, dan tambah semarak dengan hadirnya komunitas baru antara lain Asosiasi Pengusaha Truk, Gatomi, gabungan Industri Aksesoris dari China, Thailand hingga Jepang.

Manfaatkan seluruh area
Selama 11 hari penyelenggaraan pada 19 – 29 April 2018, IIMS akan menggunakan seluruh area JIExpo Kemayoran dengan total luas 110.000 m2.

Hall A dan Hall D masih menjadi pilihan utama kendaraan penumpang untuk memamerkan produknya. Hall B akan memuat beberapa kendaraan penumpang lainnya serta aksesoris pendukung yang disajikan dalam PAHAMI Village. Hall C akan menampilkan kendaraan roda dua serta aftermarket.

Produk aftermarket luar negeri juga turut serta pada IIMS 2018 yang dapat dikunjungi pada Hall B3 dan kendaraan komersial di Hall C3.

Pada Outdoor Area secara keseluruhan akan dipenuhi oleh ragam acara pendukung IIMS 2018 seperti IIMS Superdrift, IIMS Test Drive & Ride, IIMS Main Stage yang akan menjadi pusat kegiatan pada Center Piece of Carni, serta IIMS for Children yang akan mensosialisasikan cara berkendara untuk anak-anak usia dini.

IIMS 2017 lalu telah berhasil membukukan 11.604 unit mobil dan sepeda motor yang terjual dengan total transaksi Rp 3,2 trilliun. IIMS juga mendatangkan pengunjung sebanyak 503.447 orang.
 
Kompetisi Otovlog

Dyandra menghadirkan “IIMS Otovlog Competition” yang bertujuan untuk mengajak orang-orang muda mengembangkan minat dan kreasinya di bidang otomotif dan vlogger.
 
Vlog merupakan video yang dikemas dalam konsep dokumentasi, lalu dimuat dalam sebuah website atau platform social media. Dyandra Promosindo bekerjasama dengan GridOto.com menyelenggarakan IIMS Otovlog Competition.

Kegiatan itu dilakukan guna mengembangkan talenta dari setiap individu yang dikolaborasikan dengan segudang acara dalam penyelenggaraan pameran otomotif IIMS.

Ajang tersebut terbuka untuk masyarakat umum dengan usia minimal 17 tahun dan berdomisili di Indonesia. Workshop akan dilakukan kembali pada 20 Januari 2018. Pendaftaran IIMS Otovlog Competition akan mulai pada 21 Januari–1 April 2018 dan menawarkan beragam hadiah menarik.

Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017