Jakarta (ANTARA News) - Kemacetan di Tol Bekasi-Cikampek pada libur panjang akhir pekan 1-3 Desember 2017 hingga hasil undian fase grup Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia menjadi topik pemberitaan yang masih layak dibahas hingga hari ini.

Bekasi-Cikampek empat jam akibat jalan tol padat

Waktu tempuh dari Kota Bekasi ke Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Jabar, melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek, mencapai empat jam, memasuki libur panjang akhir pekan, Jumat.  Kondisi itu terjadi akibat padatnya arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, mulai dari wilayah Jakarta hingga Kabupaten Karawang.

"Sejak masuk gerbang Tol Bekasi Barat, arus lalu lintas menuju arah Cikampek sangat padat," kata Didin, seorang pengendara asal Bekasi yang akan ke Subang.

Di jalan tol itu, kendaraannya hanya bisa dipacu dengan kecepatan 20-30 kilometer per jam. Bahkan, kendaraan lebih sering berhenti akibat kepadatan arus lalu lintas.

Antisipasi Reuni 212, KAI rekayasa pemberangkatan kereta

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan pengaturan jadwal sebagai rekayasa pemberangkatan untuk 22 kereta api pada Sabtu (2/12) guna mengantisipasi kemungkinan terhambatnya perjalanan calon penumpang menuju Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, terkait rencana aksi Reuni 212.

"Penumpang KA yang kesulitan untuk menuju ke Gambir bisa naik dari Stasiun Jatinegara, di mana biasanya kereta keberangkatan Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini demi memudahkan pelayanan penumpang," catat Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Suprapto, dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat (1/12)

Ia menyatakan rekayasa pemberangkatan KA itu dilakukan agar calon penumpang terhindar dari kemacetan sebagai imbas dari acara Maulid Nabi dan Reuni 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas) yang digelar pada Sabtu (2/12).

SBY restui Deddy Mizwar calon gubernur Jabar

Ketua DPD Partai Demokrat Irfan Suryanagara mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono merestui Deddy Mizwar sebagai bakal calon gubernur dan Ahmad Syaikhu sebagai bakal calon gubernu Jawa Barat pada Pilkada 2018.

"Alhamdulillah usai menjadi kader Partai Demokrat dengan posisi Ketua Majelis Partai Daerah Jawa Barat, Pak Demiz (Deddy Mizwar) mendapat persetujuan dari DPP untuk menjadi calon gubernur pada Pilgub Jabar 2018," kata Irfan melalui telepon, Jumat.

Keputusan DPP Partai Demokrat mendukung Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu itu tertuang dalam Keputusan DPP Partai Demokrat bernomor 585/DPP.PD/XI/2017  yang ditandatangani Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono.

Terungkap fakta mengejutkan dari pembunuhan Kim Jong-nam

Kim Jong-nam, abang tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang dibunuh beberapa bulan lalu, ternyata menyimpan selusinan botol kecil berisi penawar racun gas saraf VX dalam tas gendongnya pada hari dia diracun. Kesimpulan ini terungkap dari proses peradilan Malaysia kasus tersebut pekan ini.

Dua wanita, yakni WNI bernama Siti Aisyah dan Doan Thi Huong dari Vietnam, didakwa bersekongkol dengan empat buronan Korea Utara untuk melakukan pembunuhan dengan menggunakan gas saraf terlarang berkategori senjata pemusnah massal itu di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari.

Botol-botol kecil itu berisi atropine, yakni penawar racun VX dan racun serangga, kata pakar racun  Dr K. Sharmilah dalam persidangan kasus pembununan itu, Rabu waktu setempat, sebagaimana dilaporkan kantor berita Bernama.

Kaisar Akihito turun tahta 30 April 2019

Kaisar Akihito yang menghabiskan tiga dekade kekekuasaannya di Jepang untuk menyebumbuhkan luka Perang Dunia Kedua, akan lengser pada 30  April 2019. Dia akan menjadi kaisar pertama Jepang dalam dua abad terakhir yang turun tahta.

Dewan Rumah Tangga Kekaisaran yang beranggotakan sepuluh orang dan diketuai Perdana Menteri Shinzo Abe telah menyepakati waktu lengser itu dalam rapat Jumat ini. Kaisar Akihito yang sudah tua renta akan digantikan oleh pewaris tahta, Pangeran Mahkota Naruhito yang berusia 57 tahun.

"Ini adalah turun tahta pertama oleh seorang kaisar dalam kurun 200 tahun terakhir dan yang pertama pada masa konstitusi (pascaperang dunia kedua)," kata Abe kepada wartawan setelah mengumumkan rekomendasi rapat panel.

"Saya merasakan emosi mendalam bahwa hari ini, pendapat Dewan Rumah Tangga Kaisar telah dengan mulus diputuskan dan langkah besar telah diambil dalam suksesi kaisar."

Hasil undian putaran final Piala Dunia

Tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi akan mengawali putaran final Piala Dunia 2018 , dan juara bertahan Jerman akan melawan Meksiko, demikian hasil pengundian yang dilakukan di Moskow, Ibu Kota Rusia, Jumat (1/12) waktu setempat.

Juara lima kali Brazil akan menghadapi Swiss dalam pertandingan pertama mereka di Grup E, dengan Kosta Rika dan Serbia melengkapi grup yang terlihat lebih ketat dari delapan grup.

Juara Eropa Portugal akan menghadapi tetangga Iberia mereka, Spanyol, dalam pertandingan pertama mereka di Grup B. Sementara itu, Argentina ditempatkan di Grup D bersama pendatang baru Islandia, Kroasia, dan Nigeria.




Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017