Jakarta (ANTARA News) - Majalah otomotif Mobil Motor mengumumkan sederet mobil-mobil terbaik dari berbagai kategori pada penghargaan tahunan Indonesian Car of The Year (ICOTY) 2017.

Mobil Motor ICOTY 2017 merupakan kegiatan tahunan yang sudah memasuki penyelenggaraan ke-16 yang ditujukan guna menyuguhkan informasi cermat kepada calon pembeli mobil agar lebih jernih dalam memilih.

ICOTY 2017 memilih kendaraan terbaik di masing-masing segmen dengan mempertimbangkan aspek teknis, after sales & service serta keandalan saat dikendarakan

Terdapat 29 finalis dari sembilan kategori yang diuji oleh lima orang juri independen untuk menilai kualitas kendaraan secara langsung serta empat juri yang bertugas mengukur performa mobil-mobil finalis.

Selama pengujian, semua mobil diperlakukan sama termasuk dalam penggunaan bahan bakar sesuai spesifikasi masing-masing. Adapun BBM yang digunakan adalah produk Pertamina meliputi Pertamax, Pertamax Turbo dan PertaminaDEX.

"Dengan menghadirkan Mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017, kami menyuguhkan secara tuntas apa yang sebaiknya dipilih oleh konsumen mobil di Indonesia," kata Pimpinan Redaksi majalah mobilmotor Rudi Kurniadi dalam keterangan tertulisnya.

Berikut para pemenang penghargaan:


Best of The Best mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017: Toyota  All New Voxy

Best Value for Money mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017: Suzuki All New Baleno

Best Design mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017: All New Mazda 6

Best Performance mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017: Honda All New CR-V Turbo 1.5

Berikut sembilan mobil dari masing-masing segmen dengan nilai tertinggi:

1.City Car / LCGC

Berbagai keunggulan ditampilkan pada produk baru Suzuki, seperti tampilan interior dan eksterior yang sangat berani, didukung performa yang mumpuni. Juri yang bergelut di bidang desain menilai gaya Suzuki generasi terbaru ini lebih mudah dioprek oleh para modifikator.

Peraih nilai tertinggi di kategori City Car/LCGC adalah Suzuki All New Ignis, total nilai 4.125,20.  

2.Small MPV

Pendatang baru di pasar otomotif Indonesia ini berhasil menyedot perhatian masyarakat termasuk saat pengujian di mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017. Kualitas pembuatan, bahan yang dipergunakan hingga handling saat dipacu mendapat nilai baik dari para juri.

Peraih nilai tertinggi Kategori Small MPV mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah Wuling All New Confero S, total nilai 3.963,75.

3.Medium MPV

MPV dengan ukuran sedang pas untuk 7 penumpang telah menjadi icon mobil keluarga Indonesia. Toyota Kijang adalah salah satu yang terpopuler di Indonesia. Berbagai keunggulan ditampilkan oleh mobil baru ini diantaranya di sisi kenyamanan dan kinerja yang sangat memuaskan.  

Peraih nilai tertinggi Kategori Medium MPV mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017 adalah Toyota Kijang Innova Venturer, total nilai 4.007,75.

4.Full Size MPV

Full Size MPV menjanjikan kapasitas penumpang besar serta kenyamanan setara sedan. Mobil jenis ini mulai ramai dipasarkan dan mulai mendapat respon positif.  

Peraih nilai tertinggi Kategori Full Size MPV mobilmotor adalah Toyota All New Voxy, total nilai  4.316,11.

5.Medium Sedan

Sedan masih tetap menjadi pilihan termasuk sedan berukuran sedang.   Sedan yang satu ini sangat menjanjikan untuk penggunaan harian dikemacetan kota, ukurannya tidak terlalu besar serta memiliki kinerja teknis menjanjikan yang menjadikannya unggul dikelasnya.

Peraih nilai tertinggi Kategori Medium Sedan adalah Toyota All New Vios, total nilai 3.919,22.

6. Sedan

Persaingan di kelas sedan tak pernah surut, kategori sedan adalah yang paling maju dalam berbagai hal.  Sedan sering menjadi pelopor penerapan teknologi dan desain.  Kali ini persaingan sedan kelas menengah atas dimenangkan oleh BMW All New i320 dengan gaya interior terbarunya dengan total nilai 3.999,77.

7. SUV Diesel

Adu teknologi terlihat di mobil-mobil yang menyandang predikat SUV Diesel.  Mesin diesel yang dulu berisik, lamban dan kotor kini sudah naik peringkat dan banyak diminati.  Diesel lebih bersih, bersuara halus dan sangat bertenaga serta jauh lebih hemat.  

Chevrolet All New Trailblazer di kategori SUV Diesel mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017, meraih nilai terbaik dengan 4.189,06.

8. SUV Compact

Selain mesin, adu kecanggihan suspensi menjadi tumpuan utama untuk meraih nilai. SUV dengan bodi dan celah tanah tinggi harus tetap mantap saat bermanuver, suspensi dan mesin terbaik adalah andalannya.  

Honda All New CR-V Turbo 1.5di kategori SUV Compact dengan meraih nilai terbaik dengan total 4.315,47.

9. Sedan Hatchback

Praktis adalah kata kunci dari sebuah sedan hatchback, dengan ukuran yang tidak terlalu besar tapi sarat dengan teknologi terkini ditopang desain menarik, kategori Sedan Hatchback tak pernah sepi.  Selalu eksis itu kata tepat untuk produk Honda yang satu ini, sekarang telah dilengkapi dengan berbagai pembaharuan didalamnya.   

Honda All New Jazz di kategori Sedan Hatchback mobilmotor Indonesian Car of The Year 2017, meraih nilai terbaik dengan total 3.831,74.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017