Tokyo (ANTARA News) - Toyota Motor Corp pada hari ini menunjuk seorang pejabat senior dari pemasok suku cadang terbesar mereka, Denso, sebagai pimpinan eksekutif yang akan mempromosikan kerja sama dengan perusahaan dalam grup tersebut sekaligus mendorong dalam persaingan mobil rendah emisi dan swakemudi.

Produsen mobil nomor dua di dunia itu telah merombak struktur perusahaan untuk mempercepat pengambilan keputusan dan memanfaatkan keunggulan divisi riset pengembangan (R&D) dari jaringan pemasok karena tengah menghadapi persaingan dari produsen mobil global dan perusahaan perangkat lunak yang juga berlomba mengembangkan teknologi transportasi baru.

Koji Kobayashi, wakil pimpinan dan dewan anggota Denso Corp, yang sebelumnya bekerja di Toyota lebih dari 30 tahun di bidang keuangan dan penjualan, akan kembali ke perusahaan itu sebagai kepala keuangan (Chief financial officer/CFO) mulai Januari 2018.

Toyota juga mempromosikan Shigeki Tomoyama, yang memimpin divisi Toyota untuk kendaraan berteknologi terkoneksi, sedangkan arsitek Toyota Moritaka Yoshida akan mengisi posisi selevel wakil presiden.

Presiden Toyota, Akio Toyoda, mengatakan perusahaannya sedang bergerak cepat di tengah-tengah tren mobil listrik, swakemudi, dan ride-sharing yang memaksa produsen mobil beradaptasi dengan pasar dan teknologi baru.

"Perubahan struktural yang akan datang mencerminkan keinginan kami bahwa Grup Toyota akan mengatasi era transformasi yang mendalam ini," kata Toyoda dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters, Selasa.

Perombakan ini terjadi beberapa bulan setelah Toyota merampingkan jabatan wakil direkturnya guna memusatkan tanggung jawab dan kepada seluruh perusahaan.


Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2017