Berlin/Frankfurt (ANTARA News) - Volkswagen (VW) akan memperluas kerja sama dengan perusahaan domestik China, Jianghuai Automobile (JAC), untuk mengembangkan dan memproduksi kendaraan komersial di pasar otomotif terbesar di dunia itu.

Pabrikan asal Jerman dan JAC mengumumkan pada Juni bahwa mereka akan membentuk usaha patungan untuk mengembangkan dan membangun mobil penumpang tanpa emisi.

Pada Senin, VW mengatakan bahwa bersamadivisi kendaraan komersialnya mereka ingin memperdalam kerja sama dengan JAC yang mencakup desain, teknologi, kualitas produk dan pengembangan kendaraan multi fungsi.

Usaha yang mencakup kendaraan bermesin pembakaran konvensional dan alternatif itu akan dimiliki bersama-sama oleh JAC dan VW, serta akan berbasis di kota asal JAC, Hefei, kata VW.

"Kendaraan Komersial VW memiliki semakin banyak pelanggan setia di China," kata eksekutif Joern Hasenfuss sebagaimana dikutip Reuters, Selasa.

"Tapi ada banyak lagi peluang," katanya tanpa mengelaborasi.

Di bawah kesepakatan itu, VW dan JAC dapat bersama-sama memproduksi truk pikap ringan di China. Pabrikan asal Jerman itu juga akan menghemat bea cukai dengan membangun kendaraan van dan caddy di pabrik JAC, kata para analis.

Kerja sama ini merupakan bukti dari ekspansi besar VW dalam hal mobil penumpang ke negara lain.

Pada September, bagian kendaraan komersial VW mulai membangun truk pikap Amarok di Ekuador dengan menggandeng mitra lokal FISUM setelah memulai produksi Caddy model kotak di pabrik baru di Aljazair dua bulan sebelumnya.

Pewarta:
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017