Karangasem, Bali  (ANTARA News) - Agen pemegang merek Nissan di Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia (NMI), menggelar Tantangan 7 Liter Grand Livina edisi ketiga yang digelar di Pulau Dewata dengan rute mencapai lebih dari 130 km dari Ubud, Gianyar menyinggahi Karangasem dan berakhir di Pantai Balangan, Badung.

Gelaran yang berlangsung pada Rabu dan diikuti puluhan jurnalis otomotif dari sejumlah media itu berhasil mencatatkan angka konsumsi bahan bakar terbaik mencapai 20,7 km/liter.

Kontur medan yang diwarnai tanjakan, turunan sarat dengan kemacetan di sejumlah titik, menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta untuk tetap bisa menjaga efisiensi bahan bakar yang dibatasi hanya tujuh liter selama ajang berlangsung.

Presiden Direktur NMI, Eiichi Koito, mengatakan selain untuk membuktikan keiritan bahan bakar Grand Livina, Bali dipilih untuk memperluas jangkauan pasar Nissan di provinsi tersebut.

"Ini Tantangan 7 Liter Grand Livina ketiga yang pernah kami gelar setelah rute Bandung-Jakarta dan Madiun-Yogyakarta," kata Koito di garis finis Tantangan 7 Liter Grand Livina di Pantai Balangan, Badung, Bali, Rabu.

"Hari ini kami memilih Bali karena memiliki banyak destinasi wisata, sehingga turisme tumbuh di sini. Kami juga ingin memperluas pasar kami di Bali kepada para calon konsumen di sini," ujarnya menambahkan.

Pesohor yang juga brand ambassador Nissan, Joe Taslim, juga turut ambil bagian dan mengikuti Tantangan 7 Liter Grand Livina dan berhasil mencatatkan efisiensi bahan bakar 16,5 km/liter.

Selain membuktikan efisiensi bahan bakar, Nissan juga sengaja memilih titik-titik checkpoint destinasi wisata Bali yang belum terlalu populer, seperti Monumen Puputan Klungkung, Wisata Kali Unda, Pantai Candidasa, Bali Safari & Marine Park dan Pantai Balangan.

Berikut adalah hasil konsumsi bahan bakar terbaik dari Tantangan 7 Liter Grand Livina edisi Bali :

1. 20,7 km/liter

2. 17,8 km/liter

3. 17,6 km/liter

Berikut adalah jarak tempuh terjauh yang tercatat di fitur Trip Meter peserta :

1. 140,1 km

2. 137,5 km

3. 136,3 km

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017