Sukabumi (ANTARA News) - Website Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yakni www.sukabumikab.go.id diserang peretas atau hacker yang mengatasnamakan dirinya Sukabumi Black Hat.

"Iya benar website resmi Pemkab Sukabumi kembali diserang hacker dan saat ini tengah dalam perbaikan pihak petugas Informasi dan Teknologi (IT) Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Sukabumi," kata staf Humas Pemkab Sukabumi Yayan di Sukabumi, Jumat.

Menurutnya, peretas website resmi tersebut belum diketahui siapa yang melakukannya, biasanya tujuan mereka meretas seperti ingin mengeluarkan unek-unek ada juga yang meminta sesuatu.

Biasanya tidak lama website tersebut akan kembali normal, ia belum menentukan langkah selanjutnya terkait peretasan tersebut karena wilayah tugasnya berada di diskominfo setempat.

"Mudah-mudahan secepatnya website Pemkab Sukabumi ini kembali normal dan bisa dipergunakan lagi oleh masyarakat untuk mencari informasi tentang Kabupaten Sukabumi," katanya.

Dari pantauan, peretas tersebut menuliskan pesan, "Hiji jalma can bisa di sebut jalma lamunmah akal sehat masih di kendalikeun keneh ku nafsu. Kendalikeun nafsu ku akal sehat anjeun sabab akal sehat anu aya dina diri manusia mangrupakeun ciri nu matak ngabedakeun antara manusia jeung sato.

Atau jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah,"Setiap manusia belum bisa disebut manusia jika akal sehatnya masih dikendalikan hawa nafsu. Kendalikan nafsu dengan akal sehat kalian sebab akal sehat ada di diri manusia seperti ciri yang bisa membedakan antara manusia dengan binatang."


Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017