Sabang, Aceh (ANTARA News) - Kapal pesiar MV Costa Victoria berbendera Italia dalam pelayaran bernuansa keislaman yang membawa 2.200 wisatawan dipastikan sandar di Teluk Sabang, November 2017.

Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang, Fauzi Umar, di Sabang, Senin, menyampaikan, MV Costa Victorian berlayar dari Singapura pada 25 November dan sandar di Sabang pada 27 November.

"Kapal MV Costa Victoria kapasitasnya 3.000-an penumpang dan dalam pelayaran bernuansa keislaman  keseluruhan mengangkut 2.200 wisatawan muslim dunia," tambahnya.

Wisatawan asing yang ikut serta dalam paket pelayaran bernuansa keislaman itu direncanakan akan berwisata di Sabang dan Banda Aceh selama lima hari empat malam.

Dan di ibu kota provinsi paling ujung barat Pulau Sumatera itu para wisatawan itu direncanakan akan berkunjung ke sejumlah situs wisata rohaniah, dan peninggalan tsunami, di antaranya Museum Tsunami (Sukaramai, Baiturrahman), kapal PLTD Apung (Punge Blang Cut, Jaya Baru), dan kapal di atas rumah (Lampulo, Kuta Alam).

MV Costa Victoria dioperasikan Costa Crossieres berbendera Italia diluncurkan pada 1996 dan direnovasi besar-besaran pada 2004 agar semakin mutakhir, nyaman, dan terjamin keselamatan pelayarannya.

Kunjungan MV Costa Victoria itu bersamaan dengan Sail Sabang 2017, dari 28 November sampai 5 Desember.

Sail Sabang 2017 akan digelar dari 28 November sampai 5 Desember 2017 mengangkat tema "Menuju Sabang Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia" dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Desember 2017.

Ada pun lokasi penyelenggaraan Sail Sabang 2017 kali ini difokuskan pada empat titik yakni Teluk Sabang atau Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Sabang Fair, Gapang Resort, dan Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Sail Indonesia sebelumnya diadakan di Morotai, Maluku Utara (2012), Komodo, NTT (2013), Raja Ampat, Papua Barat (2014), dan Sail Tomini, Sulawesi Tengah (Oktober 2015), dan 28 November-5 Desember 2017 akan berlangsung di Sabang, Aceh.

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017