Tokyo (ANTARA News) - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan debut Mitsubishi e-Evolution Concept di dunia pada Tokyo Motor Show ke-45 yang dibuka untuk publik pada 27 Oktober 2017.

SUV berpenggerak listrik berperforma tinggi ini menandai strategi brand terbaru dari Mitsubishi Motors dengan tagline global "Drive your Ambition" yang merefleksikan pola pikir petualang juga progresif untuk desain dan produk yang inspirasional.
 
Mitsubishi e-Evolution Concept adalah prototipe teknis untuk menggambarkan arah strategis merek Mitsubishi Motors yang diperbaharui dengan menggabungkan kekuatan SUV, EV, dan kemampuan untuk mengintegrasikan sistem baru untuk pengalaman pengguna akan mobilitas yang terhubung.

"Kami bertujuan untuk menyediakan kendaraan yang dapat memenuhi keinginan konsumen kami melalui desain luar biasa, yang dikombinasikan dengan tenaga, keaslian dan fungsionalitas yang penuh pertimbangan sesuai dengan karakter Mitsubishi Motors," ungkap MMC Head of Global Design Tsunehiro Kunimoto di Tokyo Motor Show, Rabu.


Mitsubishi e-Evolution Concept (ANTARA News/Alviansyah).

Desain


Desain mobil ini menunjukkan kesiapan mencengkeram tanah dengan keempat roda dengan kelincahan sebuah cross-country tourer berperforma tinggi berdasarkan hasil dari pemikiran tentang kinerja off-road mobil-mobil Mitsubishi serta kontrol 4WD yang superior.

Mobil e-Evolution Concept memiliki desain wajah depan yang segar berciri khas "Dynamic Shield". Grille hitam yang terlindung di bawah kaca merupakan petunjuk halus bahwa kendaraan ini merupakan kendaraan listrik berkinerja tinggi dan semakin ditegaskan dengan garis biru dan sepasang kamera sebagai sensor.

Asupan udara besar berada di bawah lampu depan, siap mendinginkan kaliper rem listrik. Penambahan aerodinamika kendaraan yang bagus, maka udara yang ditarik masuk melintasi tailfins jet di pilar-C sebelum keluar dari kedua sisi bumper belakang.

Kaca depan depan yang miring dan overhang pendek memberikan e-Evolution Concept profil tampak samping yang unik. Ground clearance tinggi, overhang pendek, bahu kuat, dan pinggang yang kecil menonjolkan sebuah kelincahan.

Profil ban kekar yang menonjol di keempat sudut ingin mengkomunikasikan torsi 4WD yang kuat. Palang yang membentang dari depan ke belakang sepanjang kedua sisi atap meningkatkan karakter kendaraan yang berotot.

Bentuk segi enam yang besar di bagian belakang menggambarkan inspirasi dari ban cadangan dari SUV klasik, Mitsubishi Pajero yang legendaris, ciri khas pengemudi off-road, dan salah satu bab yang paling ikonik dari warisan Mitsubishi.


Mitsubishi e-Evolution Concept tampak belakang.

Interior dan mesin

Di bagian dalam, kokpit e-Evolution Concept menunjukkan bahwa para perancangnya diberikan kebebasan untuk melampaui batasan tradisional. Mobil ini didukung tiga motor listrik bertenaga dan tanpa mesin pembakaran internal besar di bawah kap yang memberi desainer ruang untuk mewujudkan sebuah kokpit yang baru secara radikal.

Panel instrumen tampak mengambang di depan pengemudi dengan mengadopsi gaya horizontal Mitsubishi yang juga fokus menyuguhkan informasi.

Sebuah layar datar besar membentang lebar penuh dari dasbor yang bisa menampilkan kondisi di luar mobil sekaligus informasi terkait navigasi. Layar besar itu diapit dua layar lebih kecil yang menampilkan gambar dari kamera depan dan belakang.

Jendela kaca utuh memberikan visibilitas 360 derajat yang nyaris tidak terhalang yang memberikan impresi lebih mirip dengan jet tempur daripada mobil.


Ruang kemudi Mitsubishi e-Evolution Concept.

Teknologi


Mitsubishi e-Evolution Concept menawarkan torsi tinggi, performa motor listrik tinggi, yang didukung sistem baterai berkapasitas besar untuk mengirimkan performa respon halus namun kuat yang membedakan kendaraan listrik dari kendaraan bertenaga ICE.

Drive battery terletak di bawah lantai bagian tengah kendaraan yang memberikan pusat gravitasi rendah sehingga memberikan stabilitas tinggi saat dikendarai.

Untuk performa berkendara yang luar biasa, sistem triple motor 4WD menggunakan satu motor untuk menggerakkan roda depan, dilengkapi dengan sistem baru Dual Motor Active Yaw Control (AYC) yang menggabungkan dua motor belakang melalui unit torque-vectoring AYC yang dikontrol secara elektronik.

Otak dari e-Evolution Concept adalah sistem Artificial Intelligence (AI) yang meningkatkan kemampuan pengemudi.  Sebuah array sensor memungkinkan sistem AI membaca perubahan kondisi jalan dan lalu lintas, keinginan pengemudi, serta mengkoordinasikan maksud pengemudi dengan performa kendaraan.

Sistem itu membuat pengendara lebih mudah dan lebih aman saat mengendalikan kendaraan dengan merasakan pengalaman berkendara ke level yang berbeda.

Mitsubishi e-Evolution Concept dapat dilihat pada 45th Tokyo Motor Show 2017 yang terbuka umum mulai 27 Oktober hingga 5 November.

Video:



Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017