Jakarta (ANTARA News) - Pabrikan mobil Jepang, Mazda Motor Corporation, mengumumkan memperkuat fasilitas pabrik mereka di Malaysia yang dikelola Mazda Malaysia Sdn. Bhd. dan mulai memproduksi All-New CX-5 sejak 29 Agustus lalu.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima di Jakarta, Kamis, pabrik Mazda di Malaysia itu sejauh ini memasok kebutuhan CX-5 di Negeri Jiran tersebut dan Thailand, namun prinsipal berencana mengirimkan CX-5 buatan Malaysia ke negara-negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Filipina, Kamboja, Myanmar dan Indonesia.

Pabrik Mazda di Malaysia tersebut mendapat suntikan modal tambahan 2,3 miliar yen (setara Rp275 miliar) untuk memasang fasilitas pengecatan eksklusif dan fasilitas pengelasan bodi, yang sudah disesuaikan teknologinya serupa pabrik Mazda di Ujina dan Hofu, Jepang.

Fasilitas pengecatan eksklusif tersebut demi membalutkan warna khusus khas Mazda yakni, Soul Red Crystal dan Machine Gray.

"Kami melihat Malaysia sebagai basis produksi penting di wilayah Asia Tenggara dan untuk mengajegkan sistem produksi kami terus bahu membahu bersama rekanan kami di sini untuk mengembangkan manufaktur mobil-mobil Mazda di sini," kata Masatoshi Maruyama, petinggi Managing Executive Officer Mazda yang mengurusi Produksi Global dan Logistik Bisnis.

Prinsipal Mazda juga meyakini CX-5 buatan Malaysia akan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan di Asia Tenggara.

"Pelanggan di pasar Asia Tenggara terus meningkatkan standar kualitas mereka terhadap mobil-mobil Mazda. Kami melihatnya sebagai tujuan kami untuk melampaui ekspektasi pelanggan, dan All-New CX-5 buatan Malaysia yang mengandung semangat Mazda dalam memproduksi mobil, adalah mobil untuk mencapai target tersebut," kata Managing Executive Officer Mazda yang menangani bisnis wilayah Asia Tenggara, Hiroshi Inoue.

Sebagai informasi, Mazda sejak 2011 sudah merakit Mazda3 di Malaysia, sebelum pada 2012 didirikan perusahaan Mazda Malaysia Sdn. Bhd.. Sejak 2015 mereka juga telah merakit CX-5 yang selama ini dijual di Malaysia dan Thailand.
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017