Keunggulan mesin diesel yang jarang diketahui

Rabu, 20 September 2017 18:36 WIB | 5.729 Views
Keunggulan mesin diesel yang jarang diketahui
Mekanik sedang membuka mesin diesel Isuzu di Isuzu Training Center, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (20/9/17). (ANTARA News/Alviansyah Pasaribu)
Bekasi (ANTARA News) - Masyarakat pada umumnya menilai kendaraan bermesin diesel memiliki keunggulan utama yaitu tangguh, bertenaga, dan irit bahan bakar, sehingga banyak digunakan sebagai mobil untuk kebutuhan niaga penghela beban berat pada jarak jauh.

Seiring dengan perkembangan teknologi, mesin diesel tidak hanya digunakan pada kendaraan komersial. Sedan-sedan di Eropa dan sejumlah model SUV menggunakan mesin diesel karena memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Penemu mesin bakar diesel adalah Rudolf Diesel pada 1892.

Reiner Tandiono, Sales Support Department Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), menjelaskan, setidaknya ada tujuh keunggulan mesin diesel. Pertama, mesin diesel memiliki efisiensi panas yang lebih besar.

"Hal ini berarti penggunaan bahan bakarnya lebih ekonomis daripada mesin bensin," kata dia, kepada wartawan di Isuzu Training Center, Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Kedua, mesin diesel lebih tahan lama dan tidak memerlukan electric igniter sehingga kemungkinan kesulitan pada mesin diesel lebih kecil terjadi daripada mesin bensin. "Tidak perlu busi karena akan terbakar sendiri saat bahan bakar disemprotkan. Biaya perawatannya juga minim," katanya.

"Ketiga, momen pada mesin diesel juga tidak berubah pada jenjang atau tingkat kecepatan yang luas," kata dia. Mesin diesel memiliki torsi yang rata-rata sama walaupun dalam kecepatan yang mungkin saja berbeda.

Keunggulan keempat mesin diesel adalah tekanan pembakaran maksimum hampir dua kali dari mesin bensin. Artinya, suara dan getaran mesin diesel lebih besar. "Sekarang sudah ada teknologi common-rail, sehingga getarannya berkurang," katanya.

Kelima, tekanan pembakarannya lebih tinggi sehingga mesin diesel dibuat dari bahan yang tahan dari tekanan tinggi serta harus mempunyai struktur yang sangat kuat.

Keenam, lanjut dia, mesin diesel memerlukan sistem injeksi bahan bakar yang presisi. Sedangkan keunggulan terakhir adalah mesin diesel mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi.

"Diesel punya kompresi yang lebih tinggi dari mesin bensin, dan membutuhkan gaya lebih besar untuk memutarnya," kata dia. 

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2017

Di sela kunjungan kerjanya ke Jepang, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga mengadakan pertemuan dengan CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko ...
PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) berharap mereka bisa merebut kepercayaan pasar otomotif Indonesia dalam kurun waktu 2-3 tahun selepas produk mereka ...
Toyota Motor Corporation mengungkapkan sebuah konsep bus bertenaga fuel cell yang diberi nama Sora.Teknologi fuel cell menggunakan alat konversi energi ...
Asuransi Astra meluncurkan layanan baru bernama Garda Oto Digital, layanan asuransi kendaraan bermotor yang bisa dibeli secara online. Peluncuran Garda ...
Produsen ban asal Prancis, Michelin, masih fokus untuk memperkenalkan dan membangun brand mereka kepada calon konsumen di Indonesia, kendati sudah masuk pasar ...