Mitsubishi akan suplai platform Xpander untuk Nissan

Sabtu, 12 Agustus 2017 03:30 WIB
Mitsubishi akan suplai platform Xpander untuk Nissan
CEO Mitsubishi Motors Corporation, Osamu Masuko, berfoto dengan Mitsubishi All-new Xpander yang menjalani world premiere di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD City, Serpong, Tangerang, Kamis (10/8/2017). (ANTARA News/Risbiani Fardaniah)
Tangerang (ANTARA News) - Osamu Masuko selaku Chief Executive Office Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menjelaskan pihaknya berencana untuk menyuplai platform kendaraan MPV Mitsubishi Xpander kepada aliansinya, Nissan, dalam beberapa tahun ke depan.

Mitsubishi tergabung dengan kelompok global Renault-Nissan Alliance sejak akhir tahun lalu atau setelah Nissan mengakuisisi 34 persen saham Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

Aliansi itu membuat Mitsubishi mendapatkan keuntungan di sejumlah bidang, beberapa di antaranya adalah berbagi platform kendaraan dan mengembangkan mobil listrik maupun swakemudi.

"Ini (Xpander) merupakan model pertama yang kami luncurkan setelah bergabung di aliansi Nissan-Renault," jelas Osamu Masuko dalam sebuah wawancara eksklusif bersama wartawan beberapa waktu lalu di GIIAS 2017.

"Saat ini kami sedang melakukan studi mengenai rencana mensuplai kendaraan kepada Nissan dalam waktu 1,5 tahun mendatang. Tetapi untuk Renault belum ada rencana," sambung Masuko.

Selain itu, All-New Xpander juga akan diekspor ke beberapa negara ASEAN antara lain Filipina, Thailand, Malaysia, dan Vietnam pada Februari tahun depan.

Xpander diproduksi sebanyak 80ribu unit di pabrik baru Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Jawa Barat, dengan komposisi 60ribu unit untuk pasar Indonesia dan 20ribu unit diekspor ke negara ASEAN.

(Baca: Mitsubishi siap ekspor Xpander tahun depan, ke negara mana saja?)

Editor: Ade P Marboen

COPYRIGHT © 2017

Kia Motors Corp akan menarik (recall) lebih dari 507.000 kendaraan di Amerika Serikat (AS) atas masalah sistem kelistrikan yang menyebabkan kantung udara ...
Perusahaan produsen kendaraan roda empat asal India, Tata Motors menarget penjualan 400 unit kendaraan komersial  di Sumatera Selatan pada tahun ...
Sejumlah pameran seni dan otomotif hingga konser musik akan digelar di Jakarta pada Sabtu. Otobursa Tumplek Blek 2018 mulai dibuka pada hari ini hingga ...
Toyota Indonesia melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyediakan 18 kendaraan berupa 12 mobil listrik ...
Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan menyediakan lebih dari 62.000 unit kendaraan swakemudi kepada perusahaan teknologi Alphabet Inc. Puluhan ribu mobil ...