Pekanbaru (ANTARA News) - Pemerintah Singapura menawarkan dukungan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ke Pemerintah Provinsi Riau.

"Kami senantiasa siap memberikan dukungan ke Indonesia dan Pemerintah Provinsi Riau. Kapanpun butuh dukungan, kita siap membantu," kata Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Singapura, Dr Mohammad Maliki bin Osman kepada Antara di Pekanbaru, Selasa.

Ia menuturkan dukungan yang siap diberikan ke Pemerintah Provinsi Riau diantaranya dalam bentuk pencitraan satelit dalam memantau titik-titik panas indikasi Karhutla.

Kemudian Pemerintah Negeri Singa itu juga siap untuk mendukung upaya penyemaian garam dalam operasi hujan buatan. Selain itu, secara personel dia juga menyatakan siap untuk memperkuat satuan tugas (Satgas) penanggulangan Karhulta Provinsi Riau yang terdiri dari gabungan TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya.

Saat ini Satgas Penanggulangan Karhutla Riau diperkuat enam unit helikopter jenis Sikorsky, MI-171, MI-172, Super Puma dan Bolkow. Seluruh pesawat helikopter itu menjadi andalan Satgas Penanggulangan Karhutla selama periode siaga darurat bencana kabut asap akibat Karhutla, yang berakhir November mendatang.

Secara umum, dia memberikan apresiasi atas tekad bulat Pemerintah Provinsi Riau dalam upaya mencegah Karhutla yang kerap terjadi saat musim kemarau seperti ini.

"Komitmen, dedikasi yang menempatkan isu Karhutla sebagai fokus utama merupakan langkah serius Pemerintah Riau. Dalam usaha ini, Pemerintah Riau telah mengantisipasi sejak awal tahun untuk memastikan Karhutla dan asap tidak terulang," ujarnya.

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menyambut baik sikap pemerintah Singapura yang siap mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Riau. Situasi dan kondisi selama musim kemarau di Riau, kata dia, berdampak langsung dengan kondisi di negara yang berbatasan dengan Kota Batam tersebut.

Akan tetapi, dari pemaparan yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Riau bersama Satgas penanggulangan Karhutla, dia mengatakan upaya itu sangat diapresiasi oleh negara tetangga tersebut.

"Singapura sangat fokus terkait pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Riau. Itu hal penting yang mereka awasi. Tidak hanya pada kunjungan turis, namun lebih banyak lagi. Itu isu yang mereka perhatikan," Gubernur yang akrab disapa Andi itu.

Pewarta: Bayu Agustari & Anggi Romadhoni
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017