Jakarta (ANTARA News) - Selain moda transportasi umum dan kendaraan pribadi milik sendiri tak jarang pemudik yang memilih melakukan perjalanan ke kampung halaman menggunakan mobil sewaan atau mobil rental demi kenyamanan maupun efisiensi biaya.

Meski demikian untuk menjaga kenyamanan di perjalanan dengan mobil rental ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menunjang hal tersebut.

Berikut adalah tiga hal yang harus diperhatikan sebelum merental mobil untuk mudik, menurut COO TRAC-Astra Rent a Car, Jacob Anthonius Margareta:

1. Usia kendaraan
Berbicara mudik praktis berbicara kendaraan yang akan dipakai di luar kota, maka penyewa pastinya ingin mendapat kepastikan kendaraan tersebut dalam kondisi baik, yang salah satu indikatornya terlihat dari usia kendaraan.

Menurut Jacob, tiga tahun merupakan usia maksimal yang patut dijadikan batas aman usia mobil rental serta pastikan mobil selalu melewati perawatan reguler.

2. Asuransi kendaraan
Pastikan mobil yang akan anda rental sudah terjamin oleh asuransi yang bukan hanya menjamin kendaraan dan penumpang di dalamnya, tetapi juga yang memiliki jaminan third liability insurance, agar jika terjadi kecelakaan yang merugikan orang lain penyewa hanya perlu membayar biaya klaim sementara tanggungan akan diambil alih oleh asuransi.

"Jangan sampai dia cari yang murah atau prepare satu kendaraan tapi ketika ada accident dia musti ada tambahan lagi biaya," kata Jacob.

3. Jaringan dan nomor darurat
Jika anda menyewa mobil di tempat rental yang cukup besar, jangan lupa untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai jaringan cabang tempat rental tersebut serta nomor darurat yang disediakan jika ada kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan ataupun kerusakan mobil.

Jacob menyebut jaringan cukup penting untuk dicari tahu, mengingat tujuan mudik adalah bertemu keluarga sehingga sebaiknya dicari tahu mengenai jaringan penyedia rental tersebut di tempat tujuan.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017