Jakarta (ANTARA News) - Mudik atau pulang ke kampung halaman guna berkumpul bersama keluarga besar menjelang Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi di Indonesia.

Guna membantu pemudik menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman, Chevrolet Indonesia berbagi beberapa kiat mudik aman dan nyaman yang bisa diterapkan oleh pemudik. Berikut beberapa kiat mudik aman dan nyaman:

Rencanakan rute perjalanan


Saat ini panduan peta digital (GPS) sangat digemari dan sudah menjadi kebutuhan saat menempuh perjalananan. Namun, membaca arahan GPS berulang kali saat berkendara dapat menimbulkan potensi bahaya, sehingga rencanakanlah rute perjalanan Anda sebelum menempuh perjalanan.

Gunakanlah panduan suara dari GPS untuk memudahkan navigasi, tanpa harus memantau layar perangkat GPS. Bagi pengguna Chevrolet, Anda dapat menggunakan fitur Apple Car Play dan Siri Eyes Free untuk memastikan Anda terhubung, tanpa perlu mengalihkan pandangan dari jalanan.

Jadwalkan perjalanan


Hindari mengemudi pada malam hingga dini hari serta ketika tubuh merasa mengantuk atau lelah. Minimal beristirahatlah setelah 3 jam berkendara. Apabila sedang berpuasa, sebaiknya waktu keberangkatan disesuaikan dengan jam berbuka puasa, atau setelah sahur.

Periksa kembali kondisi kendaraan

Guna memastikan kendaraan dalam kondisi baik, bawalah kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk check-up mobil secara keseluruhan mulai dari oli (oli mesin beserta oil filter, transmisi, garden, minyak rem, minyak power steering, dll), sistem pendingin mesin, kondisi ban, dan kondisi lampu-lampu.

Muatan sesuai kapasitas kendaraan

Muatan berlebih (overload) sangat mempengaruhi kestabilan kendaraan saat melakukan manuver. Kelebihan muatan juga menimbulkan bertambahnya jarak pengereman yang dibutuhkan sehingga menambah potensi bahaya.

Jaga jarak

Selalu waspada dalam menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan di depan Anda. Pemudik juga harus tetap berada dalam jalur agar mengurangi potensi benturan.

Berdasarkan teori defensive driving, jarak aman antar kendaraan adalah 3 detik dalam kondisi normal atau 4 detik dalam keadaan hujan atau berkabut. Pengguna Chevrolet dapat mengaktifkan fitur Lane Departure Warning untuk memaksimalkan keamanan berkendara.

Kencangkan sabuk pengaman

Hal mudah dan sederhana seperti menggunakan sabuk pengaman seringkali disepelekan. Padahal hal tersebut membantu badan untuk tetap berada di posisi tempat duduk ketika terjadi benturan.

Selain tips persiapan mudik di atas, Chevrolet juga memberikan layanan gratis pada 20 point pemeriksaan kendaraan di seluruh diler resmi Chevrolet sejak 1 Juni hingga 30 Juni 2017.

"Dalam mengembangkan produk dan layanannya, GM Indonesia selalu mengedepankan kemudahan serta kebutuhan para pelanggannya, hal tersebut mendasari komitmen Chevrolet Complete Care, yang didesain untuk memberi lebih dari yang diharapkan pelanggan," kata Gaurav Gupta, Presiden Direktur GM Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

Chevrolet Lebaran Siaga menyediakan 20 titik layanan pelanggan, termasuk lima Posko Siaga Lebaran 24 jam selama arus mudik dan arus balik di jalur padat Pulau Jawa, yang berlokasi di Rest Area KM 34 Nagrek, Rest Area Tol Cipali KM 101/102, SPBU 44.512.09 Alas Roban Batang, Rumah Makan Surya Madiun, Rest Area Utama Raya Situbondo Jawa Timur.

Chevrolet menambahkan dua titik Teknisi Siaga Lebaran 24 Jam yang akan beroperasi selama 24 jam selama periode Lebaran Siaga tahun ini di Merak, Jl. Raya Merak no. 30, Mekarsari, dan Banyuwangi Jl. Doktor Wahidin Sudiro Husodo no. 4, Banyuwangi.

Selain itu, para pengguna Chevrolet juga dapat memanfaatkan layanan di 13 Bengkel Siaga Chevrolet yang beroperasi di Jakarta Pusat (Andalan Samanhudi), Jakarta Barat (Sun Motor Kebun Jeruk), Bandung (Andalan Soekarno Hatta), Bogor (Cakra Adi Mandiri), Semarang (Auto Jaya Mandiri), Yogyakarta (SBM Yogyakarta), Surabaya (SMART Surabaya), dan Malang (SMART Malang).

Bengkel Siaga Chevrolet yang beroperasi di luar Pulau Jawa antara lain di Denpasar (Prima Autoworld), Lampung (Sandjungan), Palembang (Lintang Benua), Jambi (Jaya Indah Motor) dan Medan (Mega Central Autoworld).

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017