Washington (ANTARA News) - Jaksa Agung Jeff Sessions akan ditanyai Senat Amerika Serikat menyangkut pemecatan Direktur FBI James Comey dan pertemuannya dengan para pejabat Rusia pada dengar pendapat di Senat, Selasa waktu AS pekan ini.

Sessions menjadi pejabat tertinggi pertama dalam pemerintahan Presiden Donald Trump yang harus bersaksi dalam kasus kaitan Rusia dalam Pemilu AS tahun lalu.

Ketua Fraksi Demokrat Chuck Schumer dan sejawatnya Senator Jack Reed bertanya mengapa Sessions terlibat dalam pemecatan Comey 9 Mei lalu setelah menjauhkan diri dari penyelidikan koneksi Rusia itu.

Sessions sudah menyatakan bersedia memberikan kesaksian kepada komisi intelijen Senat yang pekan lalu menanyai Comey dalam urusan yang sama.

Senator Republik James Lankford, anggota panel intelijen Senat, menyatakan keputusan itu belum final, namun memperkirakan testimoni akan terbuka untuk publik.

Pekan lalu media massa AS melaporkan bahwa Sessions telah meminta mengundurkan diri karena berseberangan dengan Trump menyangkut keputusannya menjauhkan diri dari penyelidikan koneksi Rusia oleh FBI.

Testimoni Comey Kamis pekan lalu telah membersitkan pertanyaan mengenai hubungan Sessions dengan para pejabat Rusia yang dekat dengan Presiden Vladimir Putin. Salah satunya apakah pertemuan Sessions dengan Duta Besar Rusia Sergei Kislyak atau dengan pejabat Rusia lainnya terjadi sebelum atau sesudah Trump dilantik.

Maret silam Sessions memutuskan tak terlihat dalam penyelidikan koneksi Rusia, dan bersikukuh tidak melakukan kesalahan apa-apa. Masalahnya, dia tidak mengungkapkan pertemuan dia tahun lalu dengan duta besar Rusia, demikian Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017