Jakarta (ANTARA News) - Menjelang Lebaran, permintaan layanan purnajual alat-alat elektronik cenderung meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk Hari Raya Idul Fitri, menurut Assistant Manager Customer Service Planing PT Panasonic Gobel Indonesia, Selviah Baladraf.

"Tren peningkatan masyarakat melakukan servis produk, menjelang Lebaran biasanya naik 20 persen, karena konsumen memperbaiki banyak barang elektronik mereka," katanya saat berbincang dengan ANTARA News di Jakarta, Rabu.

Selviah mengatakan, sejauh ini hampir semua permasalahan konsumen Panasonic Gobel Indonesia bisa tertangani di Tanah Air.

"Pada umumnya keluhan produk pelanggan bisa tertangani di sini. Hampir tidak ada keluhan yang harus dibawa ke Jepang. Biasanya yang kami komunikasikan ke Jepang, lebih kepada peningkatan perbaikan ke depan," ujarnya.

Selain itu, Selviah mengungkapkan, kenaikan permintaan servis alat-alat elektronik biasanya juga dipengaruhi cuaca seperti musim hujan atau panas.

"Kalau musim panas, itu yang banyak AC, kalau musim hujan, mesin cuci. Ada tren semacam itu. Biasanya juga seiring dengan penjualan yang naik," kata dia.

Selviah menjelaskan, Service Center Panasonic memiliki empat layanan utama. Yang pertama adalah layanan contact center yang bisa diakses pelanggan dari seluruh Indonesia.


Kedua, layanan purnajual untuk perbaikan produk yang terdiri dari bench service (konsumen bisa membawa produknya ke service center), home service (mekanik Panasonic akan mendatangi konsumen yang biasa untuk produk-produk berukuran besar seperti AC, televisi, kulkas), dan instalasi (pemasangan alat-alat elektonik).

"Ketiga, dealer support. Kami mempunyai layanan di dealer-dealer untuk membantu konsumen. Dan yang keempat, layanan penjualan suku cadang, yang bisa langsung dibeli masyarakat," kata Selviah.

Saat ini PT Panasonic Gobel Indonesia memiliki 52 service center dan total jaringan servis yang mencapai 300 lokasi di seluruh Indonesia.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017