Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Wellington,Selandia Baru mengadakan buka puasa bersama (bukber) warga negara Indonesia (WNI) Muslim yang tinggal di kota Wellington dan sekitarnya.

Ratusan umat Muslim Indonesia yang berdomisili di kota Wellington itu melakukan acara buka puasa bersama untuk pertama kalinya dengan Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya, seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan buka puasa bersama itu, Dubes Tantowi Yahya menyambut hangat kehadiran umat Muslim Indonesia dan menyatakan senang kegiatan buka puasa bersama perdana tersebut dilaksanakan di KBRI Wellington.

Dubes Tantowi Yahya juga menyampaikan perasaan berbahagia kepada umat Muslim Indonesia di Wellington karena dapat menyambut bulan suci Ramadhan.

Dubes Tantowi juga berharap kiranya umat Muslim Indonesia di Wellington dapat menjalani puasa yang penuh berkah dengan ibadah yang khusuk kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Bersyukur dan berbahagialah umat Muslim di Selandia Baru yang menjalani puasa hanya sebelas jam saja dibanding umat Muslim yang tinggal di belahan dunia lain, seperti Eropa, yang harus menahan lapar dan dahaga lebih dari 18 jam," ujar Tantowi.

Selain itu, warga Muslim Indonesia bersama dengan Dubes RI dan staf KBRI Wellington juga melaksanakan tarawih keliling.

Rangkaian kegiatan "Tarawih Keliling" (Tarling) diorganisir oleh organisasi keagamaan Umat Muslim Indonesia (UMI) Wellington yang dilakukan setiap akhir pekan.

Dubes RI menyampaikan bahwa kehadiran lebih dari 250 umat Muslim dan Non-Muslim dalam kegiatan Tarling tersebut menunjukkan adanya silaturahmi yang erat diantara measyarakat Indonesia di Selandia Baru.

Selain menunaikan Sholat Maghrib, Isha, Kultum dan Tarawih berjamaah, yang dipimpin oleh Ustad Faried Saenong, kegiatan Tarling juga dimeriahkan oleh penampilan kelompok Barzanji dan Hadrah umat Muslim Indonesia Wellington.

"Sajian aneka hidangan takjil dan menu utama khas Indonesia seperti bakso, udang balado, semur ayam, gado-gado dan lain-lain semakin menambah kerinduan umat Muslim Indonesia akan suasana berpuasa di Indonesia," ucap Dubes Tantowi. 

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017