Tokyo (ANTARA News) - Para penggemar film animasi dari studio Ghibli, mulai dari "Princess Mononoko", "Totoro", "Spirited Away" hingga "Ponyo", berbondong-bondong datang ke Museum Ghibli di Tokyo sejak dibuka pada 2001.

Kini penggemar animasi asal Jepang itu punya tempat lain yang bisa dituju karena EXPO Park di prefektur Aichi akan diubah jadi Taman Ghibli pada 2020.

Pada 31 Mei, produser Ghibli Toshio Suzuki dan gubernur Aichi Hideaki Omura menggelar konferensi di mana keduanya sepakat atas rencana itu.

Taman yang berlokasi di Nagakute City, sebelah timur ibu kota prefektur Nagoya, adalah tempat berlasngsungnya World EXPO 2005. Lahan seluas 200 hektare yang penuh tanaman hijau.

Taman ini awalnya dibuka pada 1970 sebagai Aichi Youth Park dan dibuka kembali untuk World EXPO. Meski sebagian besar fasilitas dari WORLD Expo sudah ditiadakan, masih ada kolam renang, arena ice skating dan bianglala raksasa.

Yang tak kalah menarik, tempat ini juga tempat dari replika rumah Satsuki dan Mei dari film "My Neighbor Totoro", sehingga tepat sebagai lokasi dari taman baru Ghibli, seperti dilansir Chunichi Shimbun.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017