Surabaya (ANTARANews) - Tidak diduga kuning menjadi warna favorit Toyota New Agya di Jawa Timur (Jatim) terutama di Surabaya.

Budaya masyarakat Jawa Timur yang ekspresif ternyata juga terbawa dalam pemilihan warna mobil hatchback (sedan buntung) yang kecil ini.

"Warna kuning paling banyak dipesan, kemudian merah, dan putih," kata Wapresdir PT Toyota Astra Motor (TAM)  Henry Tanoto, di sela-sela uji kemudi New Agya di Surabaya, Jawa Timur, 19-20 Mei 2017.

Jatim merupakan nomor dua kontributor terbesar pemesanan Toyota New Agya yang diluncurkan awal April lalu.

Dari total pemesanan (SPK) lebih dari 5.000 unit New Agya pada awal Januari sampai Mei ini, Jatim memberi kontribusi sebesar 11,6 persen atau lebih dari 555 unit.

Kontributor pemesanan pertama adalah Jawa Barat sebesar 16,9 persen, ketiga Jawa Tengah 9,4 persen, dan keempat DKI Jakarta 6,8 persen.

Sebagian besar atau 96 persen penjualan New Agya didominasi varian 1.200 cc, sedangkan sisanya tipe 1.000 cc.

Kemudian New Agya dengan transmisi manual masih lebih diminati konsumen dengan kontribusi sebesar 53,6 persen, sementara transmisi otomatik 46,4 persen.

"Secara nasional konsumen New Agya dengan warna kuning (12,8 persen) menjadi favorit kedua setelah putih (33,2 persen)," kata Manager Public Relation TAM Rouli Sijabat menambahkan.

Ia juga menyebut varian New Agya dengan aksesoris TRD yang membuat tampilan LCGC (low cost & green car) yang mengusung konsep "Have Fun Go Max" tersebut kian stylist dan modern.


Pewarta:
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017