Jakarta (ANTARA News) - Agen pemegang merek Kia di Indonesia, PT Kia Mobil Indonesia (KMI), memanfaatkan keikutsertaan mereka pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo Kemayoran, Jakarta 27 April - 7 Mei 2017, dengan meluncurkan Kia All New Rio.

Mobil ini adalah generasi terbaru dari salah satu model dengan performa penjualan tersukses di seluruh dunia, termasuk pada 2015 dengan 473.000 unit.

All New Rio yang tampil perdana global medio Oktober 2016 di Paris Motor Show 2016 itu diharapkan menjadi tulang punggung utama penjualan Kia di Indonesia.

"Produk baru All New Rio ini diharapkan bisa jadi tulang punggung penjualan kami," kata Presiden Direktur KMI, Iki Wibowo, di sela-sela IIMS 2017. "Harapannya bisa berkontribusi di tingkat 25 persen terhadap total penjualan, tetapi di tahap awal karena masih ada upaya untuk melancorkan pasokan terlebih dahulu, targetnya 200 unit per bulan."

KMI hanya menghadirkan satu varian Kia All New Rio yang tersedia dalam dua pilihan transmisi yakni transmisi manual dengan enam tingkat percepatan dan transmisi otomatis dalam empat tingkat percepatan.

Generasi keempat Rio itu dibanderol dengan harga on the road (OTR) Jakarta sebesar Rp250 juta untuk transmisi manual dan Rp265 juta untuk transmisi otomatis.

Kecuali perbedaan transmisi, Kia All New Rio yang didatangkan dalam bentuh utuh (CBU) dari Korea Selatan ini memiliki spesifikasi yang sama persis dengan delapan pilihan warna yakni Aurora Black Pearl, Clear White, Deep Sienna Brown, Most Yellow, Platinum Graphite, Signal Red, Silky Silver dan Smoke Blue.



Eksterior
Moncong All New Rio menyematkan desain anyar grille tiger-nose alias moncong macan yang mengawinkan desain lampu depan baru Bi Function Headlamp dengan LED Day-time Running Light (DRL) untuk menghasilkan kesan agresif.

Selain itu All New Rio juga telah dilengkapi lampu kabut yang lebih maju ke depan sehingga mengesankan visual yang kian lebar dan makin besar ke depan.

Secara umum bodi All New Rio lebih panjang 15 milimeter, lebih lebar 5 milimeter dan lebih rendah 5 milimeter dibandingkan versi terdahulunya.


Interior
All New Rio memiliki kabin yang lebih luas, modern dan berkelas dibanding pendahulunya dengan penyematan panel instrumen yang lebih baik disertai tata letak yang lebih ergonomis termasuk penambahan console armrest.

Selain itu, All New Rio mendapatkan kesan mewah dengan keberadaan Power Sunroof dan Sun Shade yang tidak dimiliki pesaingnya di kelas hatchback.


Untuk sistem hiburannya All New Rio dilengkapi floating audio dengan fitur bluetooth yang bisa terkoneksi dengan USB & AUX dan suaranya dikeluarkan lewat empat speaker serta dua tweeter.

Roda kemudinya berjenis Telescopic & Tilt Steering yang bisa diatur sesuai keinginan pengemudi serta disemati tombol untuk pengaturan audio dan meter cluster.

Mesin
Dapur pacu All New Rio dibekali mesin Kappa 1.4 L Dual CVVT yang mampu menghasilkan tenaga hingga 100 ps pada tingkat putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak 133,3 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin baru tersebut memberikan perfoma berkendara yang lebih tinggi, ketahanan yang lebih, penggunaan bahan bakar makin irit serta suara mesin yang lebih halus.


Fitur keselamatan dan keamanan
All New Rio memiliki struktur bodi yang menggunakan 48 persen Advance High Strength Steel (AHSS) dan Press-Hot-Stamped yang memberikan perlindungan lebih bagi pengemudi dan penumpang jika terjadi kecelakaan.

Fitur keselamatan lain yang dihadirkan adalah dua buah kantung udara untuk pengendara depan disertai lima sabuk pengaman, yakni berjenis tiga titik untuk dua sabuk pengaman baris depan dan tiga sabuk pengaman baris belakang yang dua di antaranya berjenis tiga titik dan satu lainnya dua titik.

Selain itu juga terdapat static bending light dan side impact beam yang melengkapi fitur keselamatan, yang membuat All New Rio mendapat peringkat tinggi untuk keselamatan yakni lima bintang NCAP dan Top Safety Pick+ IIHS.

Sedangkan Key Folding dan Immobilizer keyless entry membuat fitur keamanan All New Rio.

Berikut spesifikasi teknik Kia All New Rio:

Dimensi (panjang x lebar x tinggi): 4.065 mm x 1.725 mm x 1.460 mm
Jarak sumbu roda: 2.580 mm
Radius putar: 5,1 meter
Ukuran ban: Alloy wheel 185/65 R15
Suspensi: McPherson Strut (depan); Coupled Torsion Beam Axle (belakang)
Pengereman: Ventilated Disc (depan); Drum (belakang)
Mesin: Kappa 1.4 L Dual CVVT 
Tenaga maksimum: 100 ps pada 6.000 rpm
Torsi maksimum: 133,3 Nm pada 4.000 rpm
Transmisi: enam tingkat percepatan (manual); empat tingkat percepatan (otomatis)
Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017