Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi sempat meminta Yayuk Basuki dan Susy Susanti untuk menjadi Ketua Kontingen atau Chef de Mission (CdM) Indonesia dalam SEA Games 2017 di Malaysia, pada Agustus.

"Semalam saya meminta Yayuk Basuki. Dia tidak bersedia karena posisinya sekarang sebagai pengawas pemerintah," kata Menpora selepas mengikuti pemecahan rekor pianis Jefri Setiawan di Kemenpora Jakarta, Kamis.

Menpora mengatakan penunjukan Yayuk Basuki dilatarbelakangi prestasinya sebagai salah satu legenda tenis Indonesia.

"Saya juga sudah berkomunikasi dengan Susy Susanti. Dia masih meminta izin kepada atasannya di PBSI sebelum menerima tawaran saya," kata Menpora.

Susy Susanti, lanjut Menpora, juga akan mendampingi atlet-atlet bulu tangkis Indonesia yang akan berlaga dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-29 itu.

"Kami tidak menetapkan tenggat waktu terkait penunjukan Ketua Kontingen Indonesia dalam SEA Games nanti. Tapi, kami tetap berharap secepat mungkin akan mengumumkannya bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir," kata Menpora.

Sebelumnya pada Maret, Menpora sempat meminta Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebagai kandidat Ketua Kontingen Indonesia dalam SEA Games 2017.

"Pak Pratikno sebagai Menteri Sekretaris Negara memberikan porsi dan perhatian yang besar bagi olahraga karena sebagai pengelola dan penanggung jawab kompleks Gelora Bung Karno," kata Menpora.

Selain Pratikno, Menpora juga mengusulkan Menteri Pekerjaan Uumum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sebagai Ketua Kontingen Indonesia dalam Asian Indoor and Martial Arts Games 2017. Kejuaraan multi-cabang olahraga itu akan berlangsung di Turkmenistan pada September.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017