Jakarta (ANTARANews) - Panasonic Indonesia engajak konsumen menciptakan kehidupan yang lebih baik melalui pembelian barang elektronik rumah tangga (home appliances) yang tidak hanya tahan lama, tapi juga hemat energi dan mudah didaur ulang.

"Dengan slogan Let's live, life better, kami ingin mengajak konsumen peduli lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik," kata Associate Director Sales Operation at PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Achmad Razaki di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan slogan baru yang diusung Panasonic Indonesia itu merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat pemasaran, yang membidik para pembeli rasional yang peduli pada kualitas produk yang tahan lama, hemat energi, dan ramah lingkungan.

"Kami menyediakan produk yang sejalan dengan slogan tersebut, misalnya kami mengurangi bahaya tinta pada remote control, membuat lemari es dan AC dengan menyematkan teknologi inverter yang hemat energi, dan produk yang mudah di daur ulang," katanya.

Menurut dia, hal itu tidak berarti Panasonic Indonesia akan konsentrasi penuh pada produk elektronik kelas atas (premium). "Selama ini memang produk premium memberi kontribusi 15-20 persen," ujar Razaki.

Namun peluang pasar terbesar di Indonesia, masih pada segmen kelas menengah bawah, kendati pertumbuhan penjualan terbesar di segmen atas.

"Dalam dua tahun terakhir misalnya penjualan televisi 4K Panasonic naik 283 persen," katanya.

Sementara itu Presdir PGI Hiroyoshi Suga mengatakan peluang pasar elekronik di Indonesia masih sangat besar.

"Kami tertantang untuk mencapai target penjualan di atas 20 persen, melalui pemasaran dengan strategi bisnis baru," katanya.

Ia optimistis target tersebut bisa tercapai tidak hanya karena Panasonic bakal menawarkan serangkaian produk yang menarik dengan kualitas Jepang, namun juga melihat fakta tahun lalu di tengah pasar elektronik yang turun, pihaknya mampu mendongkrak penjualan hingga 15 persen.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017