Jakarta (ANTARA News) - Deklarasi Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat oleh Nasdem dan pencarian tuhan yang dilakukan oleh islamolog terkenal Karen Armstrong adalah dua di antara lima berita paling heboh kemarin. Berikut lima berita kemarin yang termasuk paling populer pada situs antaranews.com.

1. Nasdem usung Ridwan Kamil jadi cagub Jawa Barat

Partai Nasional Demokrat (NasDem) hari ini mendeklarasikan Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil sebagai calon gubernur yang mereka dukung dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat Periode 2018-2023.

Dalam acara deklarasi di Monumen Bandung Lautan Api, Lapangan Tegalega Bandung, Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustopa menyerahkan surat rekomendasi partai mengenai pencalonan gubernur Jawa Barat kepada Ridwan Kamil.

Baca selengkapnya di sini


2. Pencarian seorang Karen Amstrong akan Tuhan

Usianya tidak muda lagi karena November 2017 akan berusia 73, tapi semangat wanita yang di masa kecil menderita epilepsi itu tetap penuh semangat. Bahkan, ia dalam aktivitas sehari-hari mengunakan transportasi umum, seperti kereta api bawah tanah yang di Inggris dikenal dengan sebutan underground atau tube.

Karen Amstrong tetap produktif menulis. Ia menghasilkan beberapa buku, seperti kisah tentang Nabi Muhammad SAW berjudul Muhammad a Prophet for Our Time, yang juga telah diterjemahkan dan dicetak ke dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Mizan.

Sepertinya Karen Amstrong merasa cemas melihat betapa besar kebencian terhadap Nabi Muhammad dan Islam yang ditunjukkan di Barat, bahkan di kalangan orang yang sangat liberal.

Perempuan yang lahir pada 14 November 1944  tersebut ingin memperkenalkan Islam kepada masyarakat Barat, terutama Eropa, dan dia merasa tak ada cara yang lebih baik untuk memulainya selain dengan memperkenalkan kisah kehidupan Nabi Muhammad.

Baca selengkapnya di sini

3. Jangan lakukan ini pada orang yang punya gejala ingin bunuh diri

Perilaku menghilangkan nyawa sendiri alias bunuh diri biasanya selalu diawali sejumlah gejala seperti perubahan perilaku yang drastis serta begitu kerapnya membicarakan tentang kematian diri sendiri.

Seringkali jika itu terjadi pada seseorang di pergaulan kita baik di dalam maupun di luar lingkup pertemanan, banyak orang masih belum mengerti bagaimana cara yang tepat untuk menyikapi gejala-gejala ingin bunuh diri alias suicidal tendencies tersebut.

Benny Prawira, pendiri komunitas peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan bunuh diri, Into The Light, berbagai reaksi yang harus dihindari ketika kita menemui gejala ingin bunuh diri pada seseorang.

Baca selengkapnya di sini


4. Madiun ditetapkan jadi kampung pencak silat dunia

Kabupaten Madiun Jawa Timur bakal ditetapkan sebagai kampung pencak silat dunia mengingat salah satu kota di Jawa Timur ini memiliki banyak perguruhan yang saat ini sudah tergabung dalam satu wadah, yaitu Paguyuban Kampung Pesilat.

"Kalau Bali merupakan destinasi wisata, maka Madiun akan menjadi destinasi pencak silat dunia. Ini adalah peluang. Apalagi pencak silat mulai dikenal di dunia," kata Menpora Imam Nahrawi di sela silaturahmi dengan pesilat di Pendopo Kabupaten Madiun, baru-baru ini.

Peluang pencak silat untuk lebih dikenal ke kancah internasional saat ini memang terbuka. Apalagi olahraga bela diri asli Indonesia ini akan dipertandingkan pada kejuaraan empat tahunan terbesar di Asia, yaitu Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Baca selengkapnya di sini 


5. Klasemen Liga Inggris, Chelsea unggul 13 poin di puncak

Chelsea semakin berjaya dengan keunggulan 13 poin di puncak klasemen sementara Liga Utama Inggris pekan ke-29 usai mengalahkan tim papan tengah Stoke City dengan skor 2-1 di Stadion Brittania, Sabtu (18/3).

Pasukan asuhan Antonio Conte memastikan kemenangan 2-1 saat laga memasuki menit 87 lewat gol yang dicetak pemain bertahan Gary Cahill setelah bermain imbang 1-1 pada babak pertama.

Chelsea di puncak klasemen dengan mengumpulkan 69 poin, selisih 13 angka dari Tottenham Hotpur dan Manchester City dengan koleksi 56 poin di posisi kedua dan ketiga namun baru akan bertanding pada Minggu malam.

Baca selengkapnya di sini 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017