Kendari (ANTARA News) - Badan Sar Nasional Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), melaporkan bahwa tim gabungan sudah menemukan dua dari empat pendaki Gunung Mekongga, Kolaka Utara, yang sebelumnya dinyatakan hilang.

Dua orang korban atas nama Laode Mufazhir dan Khairat Umayah Said telah diketemukan oleh Tim SAR gabungan dalam keadaan selamat," kata Humas Basarnas Kendari, Wahyudi di Kendari, Senin.

Menurut Wahyudi, saat ditemukan dua pendaki gunung tersebut mengalami hypothermia ringan.

"Mereka ditemukan diantara Pos 6 dan 7 Gunung Mekongga Kolaka Utara pada hari Minggu pukul 13.30 Wita, dikarenakan kondisi cuaca dan tidak berfungsinya alat komunikasi dengan baik mengakibatkan informasi yang terlambat ke Posko utama," katanya.

Saat ini kata Wahyudi, proses evakuasi masih berjalan dan diperkirakan sore hari ini apabila kondisi cuaca memungkinkan maka tiba di posko utama.

Sebelumnya, Basarnas Kendari, menyatakan empat pendaki Gunung Melongga di Kabupaten Kolaka Utara Sultra dilaporkan hilang.

"Jumat (10/3) pukul 13.30 WITA kami mendapat laporan dari bapak Rohim dan bapak Lili Anggagia (tim pendaki pencinta alam) bahwa pada tanggal 08 Maret pukul 10.00 WITA empat orang terpisah saat melakukan pendakian di Gunung Mekongga," kata Wahyudi.

Setelah mendapat laporan itu katanya, pada pukul 13.45 WITA Tim Rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju tempat kejadian musibah dengan membawa alat pendukung lengkap lainnya untuk melakukan pencarian.

Disebutkan, data korban yang dinyatakan hilang tersebut yakni Edi Mulyadi (27tahun), Toto (20), La Ode (27) dan Khairat (25thn).

Saat ini, katanya, Tim Rescue Pos SAR Kolaka bersama unsur yang terlibat di lapangan sudah berada di kaki Gunung Mekongga.

"Tim saat ini masih melakukan pencarian bersama unsur terkait," katanya.

Adapun unsur yang terlibat di lapangan yakni Polsek Ranteangin, SAR USN Kolaka, Pramuka, PMI Kolaka dan KPA Kolaka.

Baca juga: (Basarnas: empat pendaki gunung Mekongga dilaporkan hilang)

Pewarta: Suparman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017