Jakarta (ANTARA News) - BMW Group Indonesia selaku pemegang merek BMW dan MINI di Indonesia mengungkap beragam inovasi teknologi unggul yang tersemat di kendaraan-kendaraan terbaru andalan mereka, seperti All New BMW 7 Series, BMW i8 dan MINI Cambrio.

Lewat lokakarya yang digelar di BMW Group Indonesia Training Center di BSD, Tangerang, Senin, mewakili fokus terbaru grup BMW di Indonesia untuk tahun 2017 yang menekankan pada inovasi teknologi.

"2017 ini fokus kami di inovasi teknologi terbaru yang akan dihadirkan, makanya kami merencanakan kegiatan pada hari ini yang memang khuus untuk membahas teknologi dan inovasi," kata Wakil Presiden Komunikasi Perusahaan BMW Group Indonesia, Jodie O'Tania.

All-New BMW 7 Series mewakili inovasi kemewahan berkendara yang dihadirkan lewat perpaduan harmonis antara kenikmatan berkendara dan kenyamanan yang dihadirkan lewat sedan mewah yang diklaim sempurna.

Di sedan mewah tersebut tersemat teknologi BMW Efficient Lightweight, Air Suspension serta sistem infotainment iDrive yang memastikan elemen kemewahan dan kenyaman tersedia di dalamnya.

Berkat BMW Efficient Lightweight yang menggunakan Carbon Core sebagai struktur kendaraan, berhasil mengurangi bobot kendaraan hingga 130 kg dibanding generasi sebelumnya, kemudian Air Suspension bekerja otomatis saat mensin menyala untuk menyesuaikan tinggi kendaraan.

"Di grille depan All-New BMW 7 Series, flap-nya dioperasikan otomatis oleh Digital Motor Electronics yang mengatur posisi terbuka atau tertutup untuk menambah aerodinamika, mengirit bahan bakar serta fungsi pendinginan mesin," kata Manajer Perencanaan Produk BMW Group Indonesia Tami Notohutomo dalam paparannya mengenai All-New BMW 7 Series.

Peduli lingkungan Sementara itu BMW i8 merupakan mobil sport yang mengusung teknologi Plug-In Hybrid Electrical Vehicle (PHEV) dengan semangat peduli lingkungan, termasuk hingga penyamakan kulit yang digunakan untuk jok mobil mereka menghindari bahan kimia dan digantikan minyak zaitun.

"Aspek sustainability itu yang menjadi semangat utama BMW i8," kata Manajer Kualifikasi dan Pelatihan BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan, dalam paparannya.

BMW i8 dilengkapi mesin tiga silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimal setara 231 tenaga kuda (hp) dan daya puntir maksimal 239 Nm pada roda belakangnya, sementara motor listriknya mampu menghasilkan 131 hp.

Mobil tersebut diklaim mampu menempuh jarak 37 kilometer dan kecepatan puncak 120 km/jam hanya menggunakan tenaga listrik, yang baterainya dapat diisi penuh dalam waktu tiga jam.

MINI tiga konfigurasi atap MINI Cambrio yang diperkenalkan pada ajang GIIAS 2016 silam, memiliki salah satu fitur unggulan yakni tiga konfigurasi atap berupa sepenuhnya tertutup, sepenuhnya terbuka dan semi terbuka untuk sensasi ala panoramic sunroof.

Selain itu MINI Cambrio yang mampu melaksanakan fungsi buka tutup atap dalam kurun waktu 18-19 detik tersebut, diklaim memiliki tingkat kebisingan operasional sistem buka tutup atap yang paling hening di kelasnya.

"Kalau dibandingkan hatchback premium lain di kelasnya, ini yang paling hening, sehingga tidak mengganggu saat anda menikmati musik maupun perjalanan," kata Manajer Komunikasi Perusahaan BMW Group Indonesia, Ismail Ashlan.

MINI Cambrio juga dilengkapi fitur keselamatan tiang anti-guling yang menjaga kepala pengendara maupun penumpang menyentuh tanah langsung jika mobil terguling, berkat teknologi Advanced Crash Safety Module (ACSM).

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017