Bekasi (ANTARA News) - Partai Keadilan Sejahtera Kota Bekasi, Jawa Barat, merekomendasikan lima nama kader terbaiknya untuk maju dalam perhelatan Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi periode 2018-2023.

"Kelima nama ini merupakan hasil survei internal partai yang juga melibatkan lembaga independen dalam mengukur kemampuan serta popularitasnya di mata masyarakat Kota Bekasi," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah PKS Kota Bekasi Heri Koswara di Bekasi, Minggu.

Menurut dia, kelima nama itu di antaranya Ahmad Syaikhu yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bekasi, Heri Koswara Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Affanda Kristaldi mantan Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Nur Supriyanto pengurus PKS Jawa Barat dan Chairoman J Putro pengurus DPD PKS Jabar.

Berdasarkan hasil survei, kata dia, Ahmad Syaikhu yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PKS Jabar memperoleh poin penilaian tertinggi dalam penjaringan nama tersebut.

"Ahmad Syaikhu masih yang paling tertinggi nilainya berdasarkan lembaga survei," katanya.

Kelima nama itu selanjutnya akan kembali dikerucutkan dengan meminta penilaian masyarakat Kota Bekasi di 12 kecamatan setempat.

"Hasil penilaian masyarakat akan kembali dinilai oleh salah satu dari dua lembaga survei yang kita rekrut," ujarnya.

Pemenang hasil survei atau bakal calon, kata dia, akan kembali menjalani serangkaian tes berupa wawancara bersama tim pemenangan Pilkada PKS.

"Ada tiga hal penting yang nanti akan menjadi bahan pertanyaan wawancara, yakni basis massa, finansial dan jaringan koalisi partai," katanya.

Dari tahapan tersebut, PKS akan mengerucutkan menjadi dua atau tiga nama yang selanjutnya akan direkomendasikan kepada PKS Pusat untuk dipertimbangkan.

"Bakal calon yang nantinya terpilih akan ditentukan oleh pusat," katanya.

(KR-AFR/E008)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017