Jakarta (ANTARA News) - Mobil hybrid yang mengandalkan mesin bensin dan motor elektrik, memiliki empat kelebihan dibandingkan kendaraan konvensional.

Yang pertama, menurut Product Knowledge Head Toyota Astra Motor (TAM) Gandhi Ahimsaputra, mobil hybrid menghasilkan emisi yang rendah sehingga lebih ramah lingkungan.

"Kendaraan hybrid yang dilengkapi mesin bensin, didesain dengan teknologi yang mampu mengurangi substansi racun pada emisi buang," katanya dalam workshop teknologi Toyota di Jakarta, Kamis.

Kelebihan kedua, lanjut dia, kendaraan jenis ini tidak menimbulkan suara mesin berisik seperti mobil konvensional berkat penggunaan motor elektrik.

"Bahkan, saat perpindahan menggunakan tenaga mesin bensin pun, transisinya tetap lembut bahkan pengemudi tidak merasakannya," kata Gandhi.

Ketiga, mobil hybrid memiliki akselerasi yang halus dan bertenaga, karena mampu menghadirkan respon instan dan kuat sejak pertama kali dinyalakan.

Keunggulan keempat, mobil tipe ini juga lebih ekonomis bahan bakar. Gandhi menjelaskan, di Toyota, terdapat Toyota Hybrid System (THS) yang mengkombinasikan motor listrik dan mesin bensin secara otomatis dan efisien.

"Lewat cara ini, sistem tersebut mampu menghadirkan efisiensi bahan bakar secara drastis," tuturnya.
Pewarta:
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017