Medan (ANTARA News) - Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan yang akan menyidangkan kasus tersangka Ramadhan Pohan dalam dugaan penipuan dan penggelepan senilai Rp15,3 miliar telah terbentuk.

Humas Pengadilan Negeri (PN) Medan Erintuah Damanik di Medan, Selasa, mengatakan, persidangan tersebut akan dipimpin majelis hakim yang diketuai Djaniko Girsang yang juga menjabat Wakil Ketua PN Medan.

Sedangkan hakim anggota, menurut dia, adalah Erintuah Damanik dan Morgan Simanjuntak.

Dalam kasus yang sama, untuk perkara atas nama Savita Linda Hora Panjaitan, PN Medan menunjuk Ketua Majelis Hakim Jhonny Simanjuntak, dan hakim anggota adalah Erintuah Damanik dan Saarulina Ginting. .

"Penunjukan ketua majelis hakim dan hakim anggota ditentukan oleh Ketua PN Medan," ujar Erintuah.

Ia menyebutkan, penetapan majelis hakim itu dilakukan, setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara melimpahkan berkas kedua tersangka ke PN Medan pada Jumat (16/12).

Ketika ditanyakan wakti sidang Ramadhan Pohan dan Savita Linda akan digelar, Erintuah mengatakan, belum dapat diketahui dan ditentukan oleh majelis hakim yang menangani perkara tersebut.

"Ya, kita tunggu saja kapan akan dilaksanakan. Bisa saja, kemungkinan pada awal bulan Januari 2017," kata juru bicara PN Medan itu.

Sebelumnya, tersangka Ramadhan Pohan dan Savita Linda dijerat dengan Pasal 372 dan Pasal 378 KUH Pidana Tentang Penipuan dan Penggelapan.

Ramadhan Pohan yang merupakan Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat datang ke Kantor Kejati Sumut pada Rabu (7/12) bersama Savita Linda dengan pengawalan dari petugas Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut, untuk dilakukan pelimpahan tahap II (tersangka dan barang bukti).

(M034/I023)

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016