Jakarta (ANTARA News) - SMK PGRI Telagasari, Karawang, Jawa Barat berhasil menjadi pemenang "best of the best" dalam kompetisi lingkungan Toyota Eco Youth (TEY) 2016 yang diikuti sebanyak 539 SMA dan SMK dari 27 provinsi di Indonesia.

SMK PGRI Karawang memboyong dua gelar juara antara lain juara pertama kategori science dan best of the best berkat proyek "Generator Electical Circulatory System 750 watt" atau pembangkit listrik tanpa BBM dengan memanfaatkan pola sirkulasi generator untuk menghasilkan energi penerangan sekaligus mengalirkan energi untuk alat itu sendiri.

TEY 2016 memasuki penyelenggaraan ke-10 mengambil tema Ecosociopreneurship sebagai upaya Toyota Indonesia mendorong nilai-nilai entrepreneur kepada pelajar sekaligus berupaya menjaga lingkungan hidup.

"Kami sangat mengapresiasi antusiasme pelajar SMA dan SMK yang ikut dalam kompetisi Toyota Eco Youth," ucap Hiroyuki Fukui Presiden Direktur Toyota Astra Motor di Jakarta, Selasa.

"Hal ini semakin meyakinkan kami bahwa pelajar sebagai generasi penerus kian peduli dan sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan untuk meraih kehidupan masa depan yang lebih baik," lanjut Fukui.

Sementara itu Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Masahiro Nonami, menyebutkan proyek yang masuk dalam kompetisi TEY diharapkan bisa berkontribusi nyata dalam pengembangan pelestarian lingkungan yang berkelanjutan agar bermanfaat bagi generasi mendatang.

"Harapan kami program Toyota Eco Youth ini juga dapat mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif dan pendidikan berwawasan lingkungan untuk Indonesia yang lebih baik di masa depan," ujar Nonami.

Toyota Eco Youth (TEY) 2016 diikuti 539 SMA dan SMK dari 27 provinsi di Indonesia. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan 2015 yang diikuti 438 sekolah. Jumlah proposal yang masuk mencapai 2.534 buah atau lebih banyak dari tahun lalu sejumlah 1.709 proposal.

Dari seluruh proposal, panitia menetapkan 25 finalis terbaik yang terbagi menjadi dua, 15 proposal kategori science dan 10 untuk kategori sosial. Proposal tersebut dinilai dewan juri dari manajemen Toyota Indonesia, tokoh lingkungan Dr Jatna Supriatna, tokoh pendidikan Prof Arif Rahman, tokoh gerakan pemuda Chaerany Putri, serta praktisi media Didi Kasim.

Berdasarkan hasil penilaian Tim Juri, terpilih masing-masing tiga pemenang untuk setiap kategori yang terdiri dari Kategori Science dan Kategori Social, serta satu pemenang lainnya yang merupakan Best of The Best.

Para pemenang masing-masing kategori mendapatkan hadiah Rp70 juta untuk pemenang pertama, Rp50 juta pemenang kedua, dan Rp 30 juta untuk pemenang ketiga. Pemenang Best of The Best akan mendapatkan hadiah tambahan pelatihan lingkungan di Jepang. Adapun total hadiah yang diberikan mencapai Rp 600 juta.

Berikut daftar pemenang Toyota Eco Youth 2016:

Kategori Science


1. SMK PGRI Karawang
2. SMAN 34 Jakarta
3. SMAN 1 KOBA

Kategori Social


1. SMAN 1 Blora
2. SMAN 19 Bandung
3. MAN Model Banda Aceh

Best of the best:
SMK PGRI Karawang

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016