Jakarta (ANTARA News) - Wisata olahraga dan wisata alam sangat potensial dikembangkan di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, dan sekitarnya. Hal ini terungkap sejalan pelaksanaan Touring Gowes Rewang Korem 044/Garuda Dempo, dari Palembang ke Sekayu, Sumatera Selatan, Minggu. 




Gelaran olahraga bersepeda jarak jauh menjelajahi jalan-jalan dengan lingkungan masih cukup asri dari Palembang ke Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, itu diinisiasi Korem 044/Garuda Dempo. Hal ini bagian dari peringatan Hari Juang Kartika ke-71, sebagai hari jadi TNI AD. 




Sekitar 300 pesepeda dari lingkungan TNI AD setempat dan 700 dari kalangan sipil dalam dan luar negeri turut dalam aktivitas bersepeda sambil berwisata sejauh hampir 110 kilometer itu. 




“Kesan saya hari ini, kita sama-sama merendah, berjuang melawan diri sendiri, saling menghargai dan saling menolong walau sama-sama lelah. Saya bangga dengan teman2 penggemar sepeda dan berterima kasih atas dukungan pemerintahan setempat,” kata Komandan Korem 044/Garuda Dempo, Kolonel Infantri Kunto A Wibowo, saat dihubungi. 




Dia turut berbaur dengan seluruh peserta, sama-sama bersepeda melintasi rute yang cukup menantang meliputi turunan dan tanjakan di jalur utama Pulau Sumatera, yang bisa menuju Provinsi Jambi dari Sumatera Selatan itu. 




Peserta dilepas dari Markas Komando Korem 044/Garuda Dempo pada pukul 06.00 WIB dan pesepeda pertama yang bisa melintasi garis finish di rumah dinas bupati Musi Banyuasin, sekitar lima jam kemudian. Rute yang ditetapkan melintasi jalan raya di kawasan kebun-kebun karet, termasuk Betung, Lais, Lumpatan, hingga finish di Sekayu. 




“Tantangan pada diri sendiri dan ternyata bisa mengatasi dan ini akan menjadi standar yang bisa mereka atasi nanti sehingga akan mencari tantangan lebih pada masa mendatang,” katanya. 




Menanggapi inisiasi dari Korem 044/Garuda Dempo yang bisa menjadi terobosan di bidang olahraga dan pariwisata setempat itu, Pelaksana Tugas Bupati Musi Banyuasin, David Siregar, menyatakan, “Ini langkah awal yang baik, mungkin bisa dikembangkan di tingkat Kodam II/Sriwijaya sehingga lebih terintegrasi.” 




Menurut dia, “Ini bisa dikembangkan ke arah wisata lain secara terintegrasi, misalnya wisata alam dan eco tourism. kami ada tujuan wisata alam yang potensial sekali, di antaranya di kawasan Sembilang.” 




Di antara peserta, banyak yang berasal dari luar Sumatera Selatan, di antaranya dari NTB, Jakarta, hingga Malaysia. Mereka merasa tertantang untuk mencoba rute-rute baru yang belum pernah mereka jelajahi memakai sepeda mereka. 




Pariwisata alam dan olahraga menjadi salah satu tema besar pembangunan Sumatera Selatan, provinsi yang memiliki arena-arena olahraga terlengkap setelah Jakarta. 

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016