Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Jepang
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Jepang memberikan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, di sela peringatan Hari Tsunami Dunia di Jakarta, Kamis.

Bantuan kemanusiaan berupa 500 unit tenda pengungsian yang diberikan secara simbolis oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki kepada Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana Dody Ruswandi.

Selanjutnya bantuan kemanusiaan korban gempa bumi Pidie lainnya juga diserahkan oleh anggota parlemen Majelis Rendah Jepang Fukui Teru melalui pihak Kementerian Sosial RI. Penyerahan bantuan tersebut disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Jepang. Mudah-mudahan mempunyai manfaat untuk rakyat banyak," ujar Wapres.

Bantuan pemerintah Jepang yang diberikan melalui Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) kepada korban bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya tersebut atas permintaan pemerintah Indonesia.

Menurut Fukui Teru, pemerintah Jepang sangat menghargai dan senantiasa menjunjung tinggi hubungan persahabatan dengan Indonesia sehingga bukan hal yang berlebihan jika mereka membantu korban bencana di Aceh itu.

Setelah menghadiri rangkaian acara peringatan Hari Tsunami Dunia di Jakarta, anggota Partai Demokratik Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang itu akan mengunjungi beberapa fasilitas terkait pencegahan dan penanggulangan bencana di Aceh.

Sebelum bertolak ke Aceh, Fukui Teru dijadwalkan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan melakukan penanaman pohon.

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016