Cilacap (ANTARA News) - Kepolisian Resor Cilacap bersama Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menggelar Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai guna memperkokoh semangat kebersamaan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Apel yang digelar di Alun-alun Cilacap, Rabu, diikuti personel TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Perlindungan Masyarakat, Satuan Pengamanan, pelajar, mahasiswa, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta pejabat dari berbagai instansi.

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan Deklarasi Kebhinekaan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cilacap Taufick Hidayatulloh yang menyatakan akan menjaga kerukunan dan keutuhan NKRI, menolak radikalisme dan intoleransi, serta sanggup menciptakan keamanan dan kedamaian di wilayah Kabupaten Cilacap.

Sementara pimpinan apel, Pelaksana Tugas Bupati Cilacap Ahmad Edi Susanto mengatakan Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai itu digelar sebagai salah satu wujud tekad untuk bisa menjaga dan memperkokoh semangat kebersamaan dalam kebhinekaan untuk membangun dan mempertahankan NKRI khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap.

"Apel Kebhinekaan ini harus menjadi komitmen kita bersama karena kebhinekaan merupakan unsur kekuatan bangsa, alat pemersatu bangsa, dan menjadi landasan yang kokoh dalam membangun bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh masyarakat Cilacap untuk terus bergandeng tangan serta bahu-membahu dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sehingga suasana yang aman dan kondusif tercipta di Kabupaten Cilacap.

Terkait dengan tahapan-tahapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Cilacap Tahun 2017, Edi mengharapkan seluruh komponen masyarakat tidak mudah terhasut oleh provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan sukses dan aman.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran Polri dan TNI, seluruh aparat pemerintahan, alim ulama, pemuka agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh politik, serta semua pihak atas berbagai upaya dan kerja kerasnya sehingga Kabupaten Cilacap tetap aman dan damai dalam semangat kebersamaan dan kebhinekaan," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016