Bogor (ANTARA News) - Kepergian merek otomotif Amerika Serikat, Ford, dari Indonesia dengan menutup PT Ford Motor Indonesia membuat merek-merek lain diuntungkan, termasuk distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Salah satu yang paling kentara adalah dampak terhadap performa penjualan model kabin ganda berpenggerak empat roda (4x4) milik Mitsubishi, Triton, yang penjualannya melonjak.

"Pasti lah, tentu saja. Karena kurang lebih konsentrasi mereka sebelumnya sama dengan kami, di fleet customer. Dengan mundurnya Ford ini kami garap yang sudah berpengalaman di wilayah fleet customer," kata Kepala Penjualan dan Pemasaran Grup MMC KTB Imam Choeru Cahya di sela-sela "Triton Family Gathering" di Villa Desa Pelangi, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Bahkan hal itu turut mempengaruhi pangsa pasar Triton yang sebelumnya hanya pada kisaran 40 persen segmen kabin ganda 4x4 kini melejit menjadi 52,3 persen untuk periode Januari-Oktober 2016.

"Makanya market share yang tahun lalu hanya di angka 40 persen, sekarang sudah melaju di 52,3 persen," kata Imam.

Meski demikian, Imam bersikeras bahwa pencapaian itu tak melulu akibat dampak hengkangnya Ford dari Indonesia.

"Itu cuma salah satu faktor, yang lebih utama tentu saja pengembangan produk dan pemasaran kami yang berhasil mendapat kepercayaan konsumen," ujarnya.

5.393 unit terjual

Imam mengungkapkan Oktober lalu, Triton berhasil menjual 650 unit atau setara dengan 59 persen dari pangsa pasar segmen ini.

Dengan penjualan itu, maka sepanjang Januari-Oktober 2016, menurut data penjualan wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi Triton telah terjual 5.393 unit dengan pangsa pasar 52,3 persen.

Positifnya performa ini bahkan menimbulkan optimisme baru bagi Triton bakal memenuhi target menyongsong tahun fiskal 2016 Mitsubishi yang berakhir Maret 2017.

"Target hingga akhir tahun fiskal 2016 kami ingin Triton terjual 7.000 unit, tetapi dengan Ford mundur, kemungkinan besar bisa tercapai hingga 8.000 unit penjualan," ujarnya.

Triton tersedia dalam lima varian dengan dengan urutan kontribusi seturut keterangan Imam 40 persen masih didominasi varian HDX M/T, kemudian 30 persen GLS M/T, Single-Cabin 4x2 20 persen dan 10 persen antara Exceed A/T serta Exceed M/T.
Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016