Pematangsiantar, Sumut (ANTARA News) - Masyarakat Indonesia diajak untuk melihat kembali perjalanan sejarah bangsa yang telah beragam dan penuh dengan perbedaan sejak jaman dulu.

Menurut Anggota Komisi I DPR RI, Martin Hutabarat, Jumat di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, kondisi itu merupakan persoalan kompleks yang harus dikelola secara baik dengan alat perekatnya, Pancasila.

"Pancasila telah memastikan bahwa pembangunan dan modernisasi Indonesia bisa berjalan karena adanya kerjasama dari semua elemen bangsa yang beragam," kata politisi itu.

Meskipun persoalan keindonesiaan muncul silih berganti, terbukti NKRI tetap eksis sebagai negara yang merdeka dan berdaulat serta tetap terlibat dalam agenda-agenda Internasional.

Pimpinan Badan Pengkajian MPR itu menilai, situasi tersebut harus terus dipertahankan, karena permasalahan kebangsaan tidak akan pernah hilang walaupun berbagai upaya mengganggu NKRI.

Martin Hutabarat berada di Kota Pematangsiantar sebagai narasumber sosialisasi Wawasan Kebangsaan dengan makalah "Pancasila, Menjaga dan Merekatkan NKR", yang digelar Korem 022 Pantai Timur.

Sementara Kasie Teritorial Korem 022 Pantai Timur, Letkol Joko Supriyanto juga memaparkan tentang pentingnya menjaga kebhinnekaan Indonesia, karena merupakan aset bangsa dan sekaligus kekuatan bangsa.

"Dengan Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi yang menjadi perekat persatuan, kita akan dapat membangun bangsa Indonesia. Kedamaian ada ketika kita mau menerima perbedaan," kata Joko. 

Pewarta: Waristo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016