RUU Pemilu kami akan kumpulkan, mereka lagi reses. Nanti mudah-mudahan pembukaan sidang, ketua fraksinya semua lengkap, saya mau tanggal 16 atau 17 November."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan akan mengumpulkan pimpinan fraksi dan komisi DPR RI pada pekan depan untuk membahas Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu).

"RUU Pemilu kami akan kumpulkan, mereka lagi reses. Nanti mudah-mudahan pembukaan sidang, ketua fraksinya semua lengkap, saya mau tanggal 16 atau 17 November," katanya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu.

Ade mengatakan dirinya akan membicarakan mekanisme pembahasan RUU Pemilu terlebih dahulu. Diskusi dilakukan untuk meyakinkan antarfraksi di DPR RI.

"Kita mekanisme dulu. Kalau soal itu saya sudah sampaikan ke teman-teman bahwa kita ada putaran diskusi, pasti saling meyakinkan antar partai antar fraksi. Tetapi putaran itu tidak bisa dibiarkan berlarut-larut," ujarnya.

Ade Komarudin yakin akan ada kesamaan pandangan dari masing-masing fraksi dalam pembahasan RUU Pemilu sehingga bisa diambil keputusan agar tidak melewati batas waktu.

"Jadwal pemilu kan harus tetap konsisten dengan jadwal agar demokrasi kita berjalan terus," demikian Ketua DPR RI.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016