Bandung (ANTARA News) - Seratusan aplikasi dan inovasi layanan publik terbaik di Indonesia dipamerkan pada ajang Forum Nasional Replika Inovasi Pelayanan Publik 2016 yang digelar di Gedung Pusdai Kota Bandung, 26-27 Oktober 2016.

Kegiatan yang dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur pada Rabu itu menampilkan layanan publik unggulan dari sejumlah provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

"Aparatur sipil negara kami imbau tidak lagi bermain-main dengan pelayanan ini. Kalau ada pungutan yang resmi harus dibayarkan ke bank. Dan kalau masih ada yang nggak resmi kalau ketahuan langsung kami pecat. Jadi nggak main-main lagi. Pemberantasan pungli ini sesuai arahan Pak Presiden," kata Asman Abnur.

Inovasi dan aplikasi termutakhir berbasis IT tersebut, menurut dia merupakan salah satu ikhtiar untuk memberikan dan menjamin kepastian pelayanan kepada masyarakat serta meningkatkan efektivitas pelayanan yang transparan dan pasti.

Inovasi dan aplikasi layanan publik yang dipamerkan itu antara lain sistem pelayanan Samsat untuk pembayaran pajak kendaraan dan bea balik nama, sistem perizinan usaha, penanaman modal, layanan kepolisian, Pos Indonesia, layanan rumah sakit dan kesehatan serta lainnya.

Sistem pelayanan Samsat menjadi salah satu primadona yang dikembangkan oleh daerah. Beberapa sistem pelayanan Samsat seperti Samsat online di Jatim, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur serta di daerah lainnya dipamerkan di acara itu.

Sementara Pos Indonesia memamerkan layanan Samsat Delivery di Jawa Timur yang merupakan salah satu layanan pick up dari BUMN logistik tersebut. Dengan layanan ini, maka pemilik kendaraan bisa membayar pajak kendaraanya dengan menggunakan jasa pos.

Selain itu juga inovasi layanan telemedis yang dikembangkan di Kota Makasar yang memungkinkan pasien di rumah bisa mendapatkan layanan hotline penanganan kedaruratan dari UGD rumah sakit daerah.

Sedangkan tuan rumah Jawa Barat mengedepankan program pengampunan denda pajak kendaraan bermotor, kemudian Kota Bandung menampilkan layanan perzinan Gadged Mobile Application for Licence (Gampil) yang diluncurkan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu BPPT Kota Bandung.

Sementara itu Mabes Polri dan Polda Jabar menampilkan sistem pelaporan berbasis online serta beberapa layanan strategis lainnya di kepolisian.

Demikian halnya sejumlah daerah kabupaten/kota juga menampilkan inovasi layanannya, termasuk Kabupaten Serui Provinsi Papua yang menampilkan inovasi layanan kesehatan masyarakat.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016