Pangkalpinang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang (BMKG) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (21/10).

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang - sore di Pulau Bangka bagian selatan dan Belitung," kata Staf Koordinator Unit Analisa Kantor BMKG Pangkalpinang, Tri Yulianto, Kamis.

Daratan yang berpotensi hujan sedang yaitu Koba, Toboali, Tanjungpandan, Manggar, dan Selat Nasik, sementara di Mentok, Jebus, Belinyu, Sungailiat, Pangkalpinang, dan Sungai Selan berpotensi hujan ringan

Rata-rata kecepatan angin di provinsi ini berkisar 6-23 kilometer per jam dengan suhu udara 23-32 derajat celsius dan kelembaban udara 62-97 persen.

Sementara itu, tinggi gelombang signifikan di Selat Bangka dan Selat Gelasa masing-masing 0,5 meter, Utara Bangka dan Selat Bangka berkisar 0,75 meter, di Sela Karimata berkisar 1 meter.

"Kecepatan angin di perairan di provinsi ini berkisar 10-34 kilometer per jam. Tinggi gelombang gelombang dapat mencapai dua kali dari ketinggian sebelumnya," ujarnya.

Sedangkan pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka berkisar 2,24 meter, di Membalong Kabupaten Belitung 2,36 meter, di Toboali Bangka Selatan 2,08 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,81 meter.

Kemudian di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,59 meter, di Tanjungpandan Belitung 1,58 meter dan di Belinyu Kabupaten Bangka 1,53 meter.

Ia mengingatkan nelayan jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan keselamatan saat hendak melaut karena bahaya bisa datang kapan saja.

"Pasang dan ketinggian air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung arah dan kecepatan angin yang bertiup,," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016