Hong Kong (ANTARA News) - Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, menginginkan penghargaan yang baru diterima pihaknya sebagai Perusahaan Terbaik di Indonesia dari Majalah FinanceAsia dapat memicu semangat untuk berkontribusi lebih bagi bangsa dan negara.

"Saya kira ini akan lebih memberi semangat bagi seluruh tim Astra yang saat ini sudah berjumlah 213.175 orang dan tersebar di 202 karyawan," kata Prijono selepas menerima penghargaan di Hong Kong, Kamis malam.

"Ini akan memberikan kami semangat agar lebih rajin lagi dan lebih berkontribusi lagi sesuai dengan butir pertama Catur Dharma, yakni Menjadi Milik Yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara," ujarnya menambahkan.

Catur Dharma, merupakan filosofi perusahaan yang menjadi pijakan Astra dalam menjalankan bisnis mereka yang tersebar di enam sektor utama, yakni Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur, Logistik dan Lainnya, serta Teknologi Informasi.

Keinginan Prijono tak lepas dari betapa bergengsinya penghargaan yang diterima Astra kali ini, yang dirangkum dalam ajang FinanceAsia 20th Anniversary Platinum Awards demi memperingati dua dekade usia majalah yang bermarkas di Hong Kong tersebut.

"Saya kira ini penghargaan yang sangat prestisius, karena dilakukan oleh sebuah majalah yang cukup kredibel dan mereka melakukan survei ini kepada analis, investor dan lain-lain," katanya.

"Astra sendiri pernah menerima 13 kali sebagai best management di Indonesia dan 10 kali sebagai best in corporate governance, tetapi kali ini sedikit berbeda karena ini Platinum Awards dalam rangka 20 tahun FinanceAsia dan Astra dinobatkan sebagai perusahaan konglomerasi terbaik di Indonesia," sambung Prijono.

Astra menjadi perusahaan terbaik yang mewakili Indonesia, menempatkan mereka setara dengan sejumlah perusahaan besar lain yang terpilih sebagai yang terbaik dari negara masing-masing, seperti Samsung Electronics dari Korea Selatan, China Telecom dari Tiongkok, Singtel dari Singapura, PTT dari Thailand dan Infosys dari India.

Sebelumnya FinanceAsia 13 kali memberikan penghargaan Best Managed Company untuk Astra pada 2001, 2003, 2005-2015, 10 kali penghargaan Best Corporate Governance, serta penghargaan personal yang diraih Prijono sebagai Best CEO pada 2011 dan 2013.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016