Jakarta (ANTARA News) - Kepala daerah dari PDI Perjuangan se-Jawa Timur berkomitmen berjuang memenangkan para calon kepala daerah yang diusung PDIP dalam Pilkada serentak 2017, khususnya pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

"Kepala daerah dan wakil kepala daerah PDIP se-Jawa Timur, menyatakan sepakat berjuang untuk memenangkan pasangan calon kepala daerah PDIP, khususnya pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat untuk Pilkada DKI, dan pilkada lainnya, yang memiliki posisi politik yang sama pentingnya," ujar Koordinator Kepala Daerah PDIP Jatim, Budi Sulistiyono, di Blitar, Senin.

Komitmen tersebut disampaikan Budi yang juga merupakan Bupati Ngawi, dihadapan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan sejumlah calon kepala daerah yang diusung PDIP.

Budi menyampaikan Pilkada serentak tahun 2017 merupakan momentum konsolidasi demokrasi dan penguatan sistem pemerintahan pusat dan daerah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia melalui cara-cara yang berdaulat, berdikari, dan berkepribadian.

Pilkada serentak ini oleh PDIP dijadikan momentum penting untuk mewujudkan semangat bergotong-royong dalam memenangkan pilkada serentak dengan cara menyatukan segenap gagasan dan program dengan suara hati serta harapan rakyat, melalui penyatuan pergerakan kekuatan rakyat Indonesia dalam satu rampak barisan yang sama.

"Kemenangan pilkada serentak tahun 2017 akan memperkuat pemerintahan Jokowi-JK dan mendorong kerja sama vertikal dan horizontal dengan seluruh jajaran kader PDIP," ujar dia.

Budi menjelaskan seluruh kepala daerah PDIP se-Jawa Timur bergotong royong memenangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung PDIP, guna mendorong kerja sama antar kepala daerah PDIP di dalam menerapkan pola pembangunan semesta dan berencana.

Kepala daerah PDIP se-Jawa Timur juga bertekad untuk menjadikan pilkada serentak sebagai konsistensi gagasan pemerintahan daerah untuk menyelesaikan masalah pokok rakyat, menyediakan kebutuhan dasar rakyat di bidang pendidikan, kesehatan, pangan, sandang, dan penghidupan yang layak, serta membangun masa depan yang lebih baik dengan mengedepankan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, musyawarah-mufakat, dan keadilan.

Komitmen kepala daerah PDIP se-Jawa Timur itu ditulis dalam lembaran komitmen yang ditandatangani Wali kota Surabaya Tri Rismaharini.

Pada Senin hari ini, Ketua Umum PDI Perjuangan sekaligus Presiden kelima Megawati Soekarnoputri mengajak sejumlah calon Gubernur dan Wakil Gubernur, termasuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berziarah ke makam Bung Karno di Blitar.

Pasangan cagub dan cawagub tersebut adalah Cagub dan cawagub Ahok-Djarot (DKI Jakarta), Rano-Embay (Banten), Hana Hasanah-Tony Yunus (Gorontalo), Rustam-Irwansyah (Babel), Ali Baal Masdar (Sulbar), dan Dominggus Mandacan (Papua Barat).

Kegiatan ziarah kubur atau nyekar ke makam Bung Karno tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi beberapa pengurus DPP PDIP antara lain Hasto Kristiyanto, Achmad Basarah, Eriko Sotarduga, Komarudin Watubun dan beberapa anggota DPR RI.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016