Semarang (ANTARA News) - Ratusan "bikers" klub sepeda motor dari berbagai komunitas, meramaikan ajang Suryanation Motorland 2016 di kawasan Perumahan Citra Grand, Semarang, Sabtu.

Secara bergantian, rombongan "bikers" memasuki areal khusus yang sudah disiapkan untuk parkir dan terbagi atas berbagai kategori, seperti skuter, "matic", "sport", hingga motor antik ber-CC gambot.

Denny Yoh, selaku koordinator EO (event organizer) Suryanation Motorland 2016 menjelaskan "event" di Semarang tersebut merupakan kali ketiga pada tahun ini, setelah Medan dan Palembang.

"Untuk Semarang, event ini merupakan yang pertama kalinya. Tahun lalu, kami menggelar Suryanation Motorland di delapan kota. Sambutan builder (modifikator, red.) di Semarang sangat besar," katanya.

Sebenarnya, kata dia, Suryanation Motorland itu untuk memfasilitasi hasil-hasil kreasi modifikasi sepeda motor yang digarap para "builder" lokal yang lebih ke arah aliran "custom".

Dia mengakui Semarang dan secara lebih luas Jawa Tengah, merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak "builder" berpotensi, didukung dengan kekompakan komunitas-komunitas sepeda motor yang ada.

Dari informasi, kata dia, setidaknya ada 900-an "bikers" dari 70 komunitas yang akan datang meramaikan "event" tersebut, antara lain dari Semarang, Kendal, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, hingga Kediri.

"Kami kemarin terjun langsung ke satu per satu komunitas. Ternyata keakraban komunitas sepeda motor di Semarang sangat kental sekali. Makanya kami fasilitasi dengan event semacam ini," katanya.

Jumlah peserta yang mengikuti "event" itu, katanya, 76 peserta yang menampilkan sepeda motor modifikasi andalannya, terbagi dalam sembilan kelas, termasuk "All Tracker", satu kelas baru.

Brand Manager Surya PT Gudang Garam Tbk. Ari Kusumo Wibowo mengatakan dua "event" pertama Suryanation Motorland 2016 di Medan dan Palembang mendapatkan respons positif dari pecinta "custom".

"Di sini pun (Semarang, red.), kami yakin akan mendapatkan respons yang positif karena industri custom di Semarang terus tumbuh dan semakin diminati. Apalagi, dengan berbagai acara menarik," katanya.

Ada berbagai kegiatan yang menjadi rangkaian Suryanation Motorland 2016 di Semarang, seperti Custom Bike Contest, Bikers Gathering, Art Exhibition, dan penampilan band Gugun Blues Shelter dan The Hydrant.

Puluhan sepeda motor yang menjadi lomba modifikasi pun sudah terlihat berjejer, mulai sepeda motor besar sekelas Harley Davidson, sepeda motor jenis "supercub" yang dimodifikasi beraneka tema, hingga motor pos.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016