Jakarta (ANTARA News) - Divisi Tanggap Darurat Bencana Dan Bantuan Kemanusian Partai Demokrat menerjunkan tim relawan Rajawali Siaga Bencana (Ragana) membantu pencarian korban dan membersihkan puing-puing, kotoran dampak banjir di Garut, Jawa Barat.

"Tim yang diterjunkan terdiri 4 tim dokter, 5 perawat, dapur umum dan 10 tim bersih-bersih," kata Ketua Divisi Tanggap Darurat Bencana Dan Bantuan Kemanusian Partai Demokrat Umar Arsal dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Langkah itu dilakukan menyusul banjir bandang di Desa Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Kabupaten Garut pada Rabupukul 01.00 WIB kemarin.

Dia menjelaskan, timsudah ada di lokasi untuk diterjunkan dan berkoordinasi dengan Pemda setempat.

Menurut dia, tim relawan selama sepekan diterjunkan untuk membantu saudara-saudara yang terkena musibah, terutama tim dokter yang siap menangani keluhan para korban.

"Karena kita siapkan obat-obatan lengkap, air bersih. Tentunya kebutuhan bagi warga yang terkana bencana," kata Umar.

Dalam kapasitasnya sebagai anggota Komisi V DPR RI yang bermitra kerja dengan Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, dan Kementrian Desa, Umar meminta pemerintah segera membangun fasilitas umum di wilayah itu, seperti jembatan, bangunan musholah, jalan-jalan yang rusak dan saluran air.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016