Bandar Lampung (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur kepada Kapolda Lampung Brigjen Pol Ike Edwin meminta agar Polda Lampung meningkatan pelayanan publik terkait rencana kenaikan status Polda itu dari tipe B ke tipe A.

"Pesan Pak Presiden, kita harus fokus memperbaiki pelayanan publik, pelayanan itu hak rakyat bukan pejabat maka pejabat harus mengubah mindset, janganlah kita jadi pejabat tapi jadilah pelayan. Semangatnya hospitality, kalau semangat itu ada di pejabat maka insha Allah pelayanan publik jadi lebih baik," kata Menpan RB Asma dalam kunjungannya ke Mapolda Lampung di Jalan WR Supratman, Bandar Lampung pada Selasa (13/9).

Salah satu bentuk perbaikan layanan, menurut Asman adalah pelayanan kepolisian 24 jam dengan dukungan teknologi informasi yang handal.

"Kita ingin pelayanan Polri ke depan itu bisa 24 jam, walaupun petugas tidur di rumah. Sistem IT tak terelakan harus menyatu dengan pelayanan. Maka kami sudah mengumpulkan ada 99 model bagus di polres-polres yang bisa ditiru di tempat lain," kata dia.

Menteri Asman berharap, jika status Polda Lampung dinaikkan maka akan ada perbaikan dalam hal pelayanan.

"Kami harap nantinya, ada perbaikan sistem pelayanan publik dan sistem informasi juga, ke depan termasuk penanganan perkara supaya nanti jelas, masyarakat tahu berapa kasus yang ditangani, sehingga tak ada kecurigaan lagi. Dengan peningkatan status, harus lahir polisi-polisi modern, kita bersaing dengan polisi negara lain, Korea, mereka tak ada di jalanan tapi begitu ada pelanggaran, mereka langsung hadir," kata Asman.

Menpan RB Asman Abnur bersama Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan meninjau Mapolda Lampung dalam rangka rencana kenaikan tipe Polda Lampung dari tipe B ke tipe A. Selain itu juga, akan dilangsungkan peresmian SOS Call Center Polda Lampung.

Asman mengatakan, dalam waktu seminggu usai kunjungannya, akan keluar surat peningkatan Polda Lampung menjadi tipe A.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016