Pada hari Rabu (24/8), Komisi I DPR akan memanggil Menkominfo untuk meminta penjelasan asalan penurunan tarif interkoneksi,"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Komisi I DPR RI TB Hasanudin mengatakan Komisi I akan memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara untuk meminta penjelasan terkait rencana penurunan tarif interkoneksi operator selular Indonesia.

"Pada hari Rabu (24/8), Komisi I DPR akan memanggil Menkominfo untuk meminta penjelasan asalan penurunan tarif interkoneksi," kata TB Hasanuddin di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan, hingga saat ini belum ada pembicaraan antara Komisi I DPR dengan Menkominfo terkait rencana penurunan tarif interkoneksi.

Namun dia menegaskan, pada prinsipnya tidak boleh ada perusahaan yang merasa dirugikan atas kebijakan yang diambil pemerintah.

"Belum sampai di diskusikan di komisi I DPR tapi pada prinsipnya tidak boleh ada perusahaan lain yang merasa dirugikan oleh keputusan itu misalnya menyangkut masalah XL atau Mentari misalnya, pokoknya harus dikedepankan azas keadilan," ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi meminta pemerintah, khususnya Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menunda rencana penurunan tarif interkoneksi operator selular Indonesia.

"Saya mencermati persaingan antar operator Telkom, baik BUMN dan swasta dengan mayoritas investor asingnya, sudah semakin tidak sehat," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Bobby mengatakan, bukan sekadar perang tarif yang vulgar di promosikan, ujung-ujungnya belum tentu menguntungkan konsumen dalam jangka panjang dalam kualitas layanannya, tapi berpotensi menimbulkan polemik kerugian negara.

Dia meminta pemerintah harus menjelaskan kepada Komisi I, bahwa rencana penurunan biaya interkoneksi dalam 18 skema, dipastikan tidak berpotensi merugikan atau mengurangi pendapatan negara di kemudian hari.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016