Palu (ANTARA News) - Pertandingan perdana Indonesia Soccer Championship ISC B 2016 babak penyisihan group 8 yang dilaksanakan di Stadion Gawalise Palu, Jumat (19/8) antara Celebest FC Palu melawan Kalteng Putra FC, akhirnya dimenangkan Celebest Palu dengan skor akhir 2-1.

Pertandingan yang juga turut disaksikan gubernur Sulteng, Longki Djanggola bersama ratusan pendukung laskar tanduk Anoa tersebut dimulai dengan parade Marching Band Sampesuvu.

Celebest FC Palu turun dengan formasi 4-3-3 sementara Kalteng Putra FC menggunakan formasi 4-2-3-1.

Dimenit-menit awal pertandinganan, kedua tim saling serang dan dalam kondisi yang seimbang, dimenit ke 3 pertandingan, terlihat sangat tegang, saat umpan silang yang diberikan oleh soni ardiyansah dari sector kanan yang gagal di eksekusi oleh Rashid.

Namun Celebest FC Palu berhasil unggul 1-0 atas Kalteng Putra FC yang terjadi dimenit ke-13 oleh pemain nomor punggung 9, Hamzah.

Pertandingan terus berlanjut dan sampai akhir babak pertama, tidak terjadi perubahan di papan skor, walaupun Kalteng Putra FC terus melakukan serangan.

Memasuki pertandingan babak kedua, Kalteng Putra FC langsung melakukan pergantian pemain dengan memasukan Arif Kurniawan dan menarik keluar Septa Riyanto.

Pada menit ke-50, satu tendangan keras yang dilesatkan oleh Hamzah membuat kemelut didepan gawang Kalteng Putra FC, yang membuat Firmasyah pemain nomor punggung 8 memperbesar kemenangan menjadi 2-0.

Kalteng Putra FC yang tertinggal 2 angka, terus melakukan tekanan kepada Celebest FC Palu. Sebaliknya pasukan laskar Anoa, terus berusaha untuk memperbesar kemenangan di depan ratusan pendukung mereka.

Di menit ke 70, salah seorang pemain belakang Celebest FC Palu menyentuh bola di kotak terlarang, sehingga wasit menunjuk titik putih sebagai hadiah tendangan Pinalti bagi Kalteng Putra FC.

Hendra Susilo penjaga gawang terlihat tegang sebagai benteng terakhir untuk mencegah Kalteng Putra memperkecil ketertinggalan.

Pemain Kalteng Putra Nomor Punggung 5 Trias Budi Susanto yang bertindak sebagai algojo, berhasil memperkecil ketertinggalan di menit ke 72 dengan skor 2-1.

Hingga akhir pertandinga, skor tetap imbang dengan kemenangan Celebest FC Palu. Namun Kalteng Putra FC, masih menguasai klasmen pertandingan dengan 15 poin disusul Celebest FC Palu dengan 13 poin.

Gubernur Sulteng dalam sambutan pembukaan pertandingan berharap semoga event ini mampu menyatukan berbagai pihak untuk lebih bersinergi dalam memajukan persepakbolaan ke arah yang lebim maju dan professional. Selain itu, seluruh pemain yang bertanding, senantiasa menaruh jiwa sportifitas di atas segala-galanya.

�Kepada seluruh komponen pertandingan, agar selalu bekerja objektif dan professional dan kepada pendukung agar terus menjaga keamanan dan ketertiban agar tidak terjadi anarkisme yang bisa mengurangi mutu pertandingan,� harapnya. ***4***

(T.KR-FZI)



Pewarta: Fauzi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016