Bandung (ANTARA News) - Kabupaten Bogor akan menjadi tuan rumah pelaksanaan "Hitung Mundur 30 Hari Menjelang PON XIX/2016" yang akan dipusatkan di Lapangan Tegar Beriman di daerah itu, Minggu (21/8) lusa.

"Hitung mundur 30 Hari Jelang PON XIX/2016 di Kabupaten Bogor akan menjadi sosialisasi dalam program hitung mundur. Ajang ini juga akan menjadi momentum kesiapan Jabar menggelar pertandingan PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016," kata Sekretaris Umum PB PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 Jabar Ahmad Hadadi didampingi Koordinator Penyiaran Budi Hermawan di Bandung, Jumat.

Ia menyebutkan, pelaksanaan hitung mundur yang akan dihadiri oleh Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan, Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin, Bupati Bogor dan Muspida setempat, pengurus teras PB PON XIX/2016 Jabar serta sejumlah atlet legendaris asal Kabupaten Bogor itu menjadi momentum strategis menjelang pergelaran pesta olahraga itu.

Pada sosialisasi tersebut, akan menjadi bagian dari pernyataan Jabar dan masyarakat Jabar siap menjadi tuan rumah bagi 34 kontingen provinsi se-Indonesia.

Pelaksanaan sosialisasi pamungkas di kawasan barat Provinsi Jawa Barat itu sekaligus mengajak warga Bogor dan sekitarnya untuk ikut mensukseskan pelaksanaan PON.

Kabupaten Bogor akan menjadi tuan rumah perebutkan 57 medali emas PON XIX/2016 Jabar yakni 47 nomor pertandingan atletik yang akan digelar di Stadion Pakansari serta sepuluh nomor pertandingan cabang drum band yang juga akan digelar di sekitar kawasan stadion modern milik Pemkab Bogor itu.

Kabupaten Bandung akan menjadi bagian dari sejarah penyelenggaraan PON Jabar yang digelar di 16 kabupaten/kota di provinsi itu serta dengan jumlah cabang olahraga terbanyak sepanjang sejarah PON.

"PON XIX/2016 Jabar akan mempertandingkan 754 nomor pertandingan atau memperebutkan 754 medali emas. Dan Kabupaten Bogor akan menjadi tuan rumah untuk perebutan 57 medali emas," kata Ahmad Hadadi.

Sementara itu Koordinator Penyiaran PB PON XIX/2016 Jabar, Budi Hermawan, pada sosialisasi PON XIX/2016 di Kabupaten Bogor akan menjadi sosialisasi terlengkap dan menunjukan kesiapan Jabar menjadi tuan rumah PON XIX/2016 Jabar.

Pada agenda hitung mundur tersebut, akan ditampilkan berbagai kegiatan pentas seni, serta memperkenalkan lagu PON yakni "Berjaya di Tanah Legenda" yang dinyanyikan oleh Armad Maulana, lirik ditulis Eddy D Iskandar serta diaransemen oleh musisi legendaris Dwiki Dharmawan.

Selain itu, warga Bogor juga akan diperkenalkan yel Jabar Kahiji untuk mendukung atlet Jawa Barat dalam misinya mencapai Juara Umum PON XIX/2016 Jabar.

Kabupaten Bogor juga akan dilintasi oleh kirab Api PON XIX/2016 Jabar yang rencananya akan diarak mulai 5 hingga 16 September 2016 keliling Jawa Barat.

Sosialisasi edisi hitung mundur itu, merupakan yang kesepuluh dari rangkaian program itu yang digelar sejak tiga tahun lalu.

Sebelumnya Pemprov Jabar bersama PB PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 telah melakukan hitung mundur di sembilan tempat. Hitung mundur 999 sekaligus peluncuran program hitung mundur digelar di Gedung Sate Kota Bandung.

Kemudian hitung mundur 888 di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, 777 di Gedung Sate, 666 di Car Free Day Jalan Dago Kota Bandung, 555 di Kota Bogor, 444 di Kabupaten Ciamis, 333 di kawasan Gasibu dan Gedung Sate, 222 di Kabupaten Bekasi, 111 di Monumen Perjuangan Rakyat Jabar dan 30 hari menjelang PON XIX/2016, Minggu lusa di Kabupaten Bogor.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016