Tangerang (ANTARA News) - Mitsubishi Motors Corporation baru saja mengungkapkan sebuah mobil konsep small crossover MPV, XM Concept, pada hari pertama pameran Gaikindo di ICE BSD City, Tangerang, 11 Agustus 2016.

Mobil tersebut, kata Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, Hisashi Ishimaki, adalah langkah konkret menuju kehadiran mobil keluarga di segmen sejuta umat yang mereka lebih senang menyebutnya sebagai small crossover MPV dan bakal diproduksi di pabrik baru Mitsubishi di Cikarang pada 2017.

"Pasti gua beli!" kata Rifat Sungkar mantap saat dimintai komentar mengenai Mitsubishi XM Concept di sela-sela pameran Gaikindo.

Pereli nasional sekaligus duta merek Mitsubishi itu mengungkapkan setidaknya ia memiliki tiga kesan utama terhadap XM Concept, yakni desain moncong Dynamic Shield, kapasitas tujuh penumpang yang menjadi pasar terbesar otomotif Indonesia dan ketinggian ground clearance.

"Sekarang lihat saja desain moncong Dynamic Shield itu, ke orang KTB saya bilang 'it's a head-turning car'. Maksudnya kalau itu mobil lewat orang pasti bakal nengok," kata Rifat.



Rifat juga tidak setuju jika dikatakan desain XM Concept terlalu radikal, sebab menurut dia kini tren otomotif sudah memasuki zaman di mana konsep wajah alias muka sebuah mobil diaplikasikan ke bodi secara penuh baik dari segi depan, belakang maupun samping.

"Kalau dari ukuran, permintaan terbesar kendaraan di Indonesia itu yang muat tujuh penumpang, lebih tepatnya affordable 7-seater. Makanya cocok," katanya.

"Dan rasanya kalau dari semua produk Mitsubishi diperhatikan ada satu hal yang khas, yaitu ground clearance yang tinggi. Tidak akan ditemukan di mobil kelas ini yang ground clearance-nya setinggi XM Concept," kata Rifat.

Hal itu membuat XM Concept jika sudah menjadi tahap produksi massal Rifat memperkirakan bukan hanya akan menyasar pasar otomotif kota-kota besar melainkan wilayah lainnya yang bukan tidak mungkin memiliki kondisi jalan tak mulus.



XM Concept diklaim sebagai perkawinan dari tradisi mumpuni Mitsubishi di segmen SUV dan menghadirkannya dalam bentuk MPV. "X" melambangkan crossover dan "M" mewakili MPV, maka jadilah XM. 

Meski demikian pihak pabrikan belum memastikan berapa persen dari XM Concept yang akan diadaptasikan ketika small crossover MPV milik Mitsubishi memasuki tahap produksi massal dan dijual nantinya.
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016